UHAMKA Sebagai Tuan Rumah Pengajian Forum Guru Besar Muhammadiyah

Dalam rangka silaturahim seluruh guru besar di perguruan tinggi Muhammadiyah yang berada di Forum Guru Besar Muhammadiyah (FGBM) melaksanakan pengajian kedua secara daring dengan menghadirkan ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si sebagai pembicara (25/7). Adapun tema pada pengajian kali ini adalah meningkatkan dan menguatkan ajaran ilahhiyat dalam diri umat islam.

Dalam kata sambutannya Prof. Dr. Hery Suhardiyanto, M.Sc. mengatakan bahwa “Muhammadiyah merupakan organisasi yang terus tegak sejak awal didirikan untuk terus menjalankan dakwah di Nusantara, beberapa ketidak pastian dalam dunia ini tentu menjadikan kita menjadi manusia yang berubah namun harus tetap tegak dalam dakwah dan ukhuwah” ujar ketua FGBM. Meski dalam keadaan tidak normal nilai-nilai Islam harus tetap ada dalam diri kita untuk terus menguatkan ajaran ilahiyat dalam diri kita. Tentunya pengajian ini menjadikan kita untuk terus meningkatkan keilmuan kita semakin lebih baik lagi.

Disambung dengan Prof. Dr. H. Abd. Rahman A. Ghani, SH., M.Pd. selaku Wakil Rektor I UHAMKA yang memberikan sambutannya di mulai dengan memberi ucapan dan penghargaan kepada para Guru Besar dan Profesor yang tergabung untuk melakukan pengajian dalam forum ini. Ia juga berterimakasih bahwa UHAMKA telah dilibatkan menjadi tuan rumah (host). Selanjutnya, Ia juga berharap dengan pengajian ini tentu akan muncul ide-ide untuk kemajuan dan kemaslahatan umat. Sebagaimana yang diinginkan bersama, bahwa PTMA diminta untuk menjadi pusat-pusat unggulan agar dapat membantu mewujudkan visi misi persyarikatan.

Pengajian yang berdurasi selama satu jam ini menjelaskan terkait dengan bagaimana agama mempertahankan diri dari desakan modernitas dan perubahan sosial dengan mengkaji ulang ayat-ayat Al-Quran terkait dengan keselarasan agama dengan ilmu pengetahuan. “Orang Islam terkadang kebanyakan zikir hingga melupakan fikir, sedangkan Allah SWT telah memerintahkan kita untuk selalu berfikir sebab kemajuan umat Islam diawali dengan berfikir. Dengan berfikir tentu menjadikan kita sebagai orang yang mampu menyelesaikan segala permasalahan yang ada di bumi ini hingga bisa menyusun bumi ini”, ujar Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si.

Leave a Reply