UHAMKA Kolaborasi Dengan UUM dan UMSIDA,Gelar Seminar International ICEGE 2020

Jakarta, 17 Januari 2020 – Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) sebagai tuan rumah The 2nd International Conference and Innovation Exhibition on Global Education (ICEGE) 2020. Kegiatan yang digelar di aula HR Fakhruddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UHAMKA ini berlangsung 17-18 Januari 2020, merupakan kolaborasi dengan Universiti Utara Malaysia dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.  Pada kegiatan kali ini, ICEGE mengangkat tema “Innovative Education for Global Challenges”.

“Tema ini sangat relevan dengan isu pembaruan pendidikan di Indonesia, yakni kita harus mendidik siswa dari metode menghapal menjadi metode berpikir kritis”, Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum.

Rektor UHAMKA Prof. Gunawan Suryoputro M.Hum., menyematkan kain Betawi kepada para narasumber ICEGE

 

Penyematan cinderamata dari Rektor UHAMKA kepada Rektor UMSIDA

Kegiatan bertajuk Conference & Exhibition ini dibuka secara resmi oleh Rektor UHAMKA Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum. Menghadirkan Ai Fatimah Ph.D., sebagai moderator, kegiatan yang dimeriahkan oleh tarian nusantara sebagai penyambut ini juga turut  meghadirkan lima keynote speaker yang sangat berkompeten di bidangnya, praktisi dan ilmuwan dari Conventry University, United Kingdom, yang mendunia, Prof. Mike Hardy; Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum., Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA; Assoc. Prof, Dr. Fauziah Abdul Rahim SEML. Universiti Utara Malaysia; Dr. Hidayatullah, M.Si. Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo; Assoc. Prof. Ferry Jie, Ph.D., Edith Cowen University Australia.

Warek III UHAMKA Dr. Lelly Qodariah M.Pd., menyerahkan cinderamata kepada Assoc. Prof. Ferry Jie, Ph.D.

“UHAMKA bekerjasama dengan UUM dan Universitas Muhammadiyah Siodoarjo; merupakan kegiatan yang ketiga kali, merupakan MOU bersama antara ketiga perguruan tinggi ini untuk sama-sama meningkatkan kapasitas dari perguruan tinggi masing-masing. Kita saling share terkait dengan best practice, penelitian, juga pertukaran mahasiswa dan dosen.Salah satu kegiatan yang sekarang dilakukan adalah kegiatan seminar bersama” Dr. Lelly Qodariah M.Pd, Wakil Rektor III UHAMKA.

Lanjut Wakil Rektor III, sasaran dari kegiatan ini tidak hanya dosen tetapi juga kolaborasi dengan mahasiswa diperguruan tinggi terkait; yang memiliki kepentingan sama yakni meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa. Melalui diskusi dan presentasi terkait hasil pengamatan dari elaborasi didalam kegiatan penelitian yang pernah dilakukan oleh peserta, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa di civitas akademika.

Total sebanyak 150 peserta dari berbagai negara ambil bagian dalam ajang ICEGE 2020 untuk mempresentasikan hasil penelitiannya pada sesi pararel. Adapun peserta yang hadir pada kesempatan kali ini berasal dari berbagai universitas baik Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Peserta terkait berhak mempublikasikan semua artikelnya baik jurnal nasional maupun internasional setelah melalui tahap seleksi dari Tim Publikasi.

“kita mencoba mencari tau informasi terkini berdasarkan penelitian untuk inovasi pendidikan, untuk menyongsong pendidikan global”, Subhan Ajiz Awalludin, M.Sc., Wakil Ketua Pelaksana The 2nd International Conference and Innovation Exhibition on Global Education (ICEGE) 2020.

Upaya peningkatan pendidikan perlu senantiasa dilakukan guna generasi bangsa yang unggul dan berkarakter. Diharapkan melalui ICEGE 2020 bertajuk inovasi dalam pendidikan dapat senantiasa memacu kompetensi tenaga pengajar sekaligus mahasiswa.

Leave a Reply