UHAMKA Perpanjang MoU dengan Halal Science Center Chulalongkorn University (HSC CU) Thailand

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) memperpanjang Nota Kesepahaman dengan The Halal Science Center Chulalongkorn University (HSC CU) Thailand. Penandatanganan ini secara resmi dilaksanakan di Kampus Chulalongkorn University di Distrik Pathum Wan, Bangkok.

Penandatanganan dilaksanakan pada hari Senin, 6 Januari 2020, bertempat di HSC CU. Sebelumnya, Nota Kesepahaman tersebut sudah ditandatangani oleh Rektor UHAMKA, dan penandatanganan pihak HSC CU yang mewakili UHAMKA adalah Purnama Syae Purrohman,Ph.D., selaku Kepala Unit Kerjasama UHAMKA , Wakil Dekan I Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) Dr. Sarah Handayani, MKM.,dan Dosen Fikes yang juga alumni Chulalongkorn University yaitu Imas Arumsari, MSi.

Nota Kesepahaman ini penting untuk dilakukan karena adanya kesamaan visi antara HSC CU dengan Pihak Uhamka. Saat ini UHAMKA memiliki concern terhadap masalah halal, terutama pada fakultas ilmu kesehatan, fakultas farmasi dan sains, dan juga program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat di jenjang Strata 2.

Menurut Dr. Sarah Handayani, MKM., Wakil Dekan Fikes UHAMKA yang hadir pada kesempatan ini memaparkan pada kerjasama ini akan diikuti oleh aplikasi di bidang penelitian bersama, pemagangan, dosen tamu dan narasumber bagi seminar Internasional di Fikes UHAMKA.

Menurut Prof. Dr. Winai Dahlan, Founding Director The Halal Science Center Chulalongkorn University menyampaikan bahwa sangat terbuka untuk kerjasama sesama negara ASEAN, apalagi dengan Indonesia, dan lebih spesial lagi dengan Muhammadiyah.

Sebagai tindak lanjut dijadwalkan, dua dosen Fikes UHAMKA, Mira Sofyaningsih dan Imas Arumsari akan mengunjungi laboratorium The Halal Science Center untuk sebuah penelitian kolaboratif di bulan Maret 2020.

Leave a Reply