UHAMKA Masuk Dalam 100 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) masuk kedalam 100 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia dalam kategori non vokasi.

Pada klasterisasi Perguruan Tinggi non vokasi tersebut diikuti oleh 2.141 Perguruan Tinggi yang diperoleh 5 klaster perguruan tinggi Indonesia dengan komposisi klaster 1 berjumlah 13 perguruan tinggi, klaster 2 berjumlah 70 perguruan tinggi, klaster 3 berjumlah 338 perguruan tinggi, klaster 4 berjumlah 955 perguruan tinggi, dan klaster 5 berjumlah 765 perguruan tinggi.

Hasil klasterisasi ini diumumkan oleh Menristekdikti Mohammad Nasir pada Jumat, 16 Agustus 2019. Hasil klasteriasasi perguruan tinggi non vokasi di Indonesia tahun 2019 ini juga di unggah ke media sosial instagram @ristekdikti. Perguruan tinggi tersebut terdiri dari Universitas, institut, sekolah tinggi, dan politeknik.

“Alhamdulillah tahun ini UHAMKA mendapat peringkat 64 dari 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Semoga ke depan peringkat tersebut akan lebih baik lagi,” Ungkap Rektor UHAMKA Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum.

Sebelumnya UHAMKA sudah masuk ke dalam 100 daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti dan untuk tahun ini peringkat UHAMKA jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

Menteri Nasir menjelaskan bahwa klaterisasi ini merupakan upaya untuk memetakan mutu dan potensi perguruan tinggi sehingga menjadi data yang bisa digunakan sebagai informasi valid.

“Klasterisasi ini dilakukan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti guna meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan,” ungkap Nasir.

Indikator dalam klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019 dikelompokkan ke dalam empat kriteria yaitu inpit dengan persentase penilaian 15%, proses dengan persentase 25%, output 25%, dan outcome 35%.

Nasir berharap dengan mengetahui peringkat ini setiap perguruan tinggi dapat terus berupaya dalam meningkatkan kualitasnya.

Leave a Reply