UHAMKA Jadi Tuan Rumah Study In Korea Education Fair

Jakarta-UHAMKA jadi tuan rumah pada acara “Study in Korea Education Fair 2019” yang diselenggarakan pada tanggal 24 September 2019 di Aula Ahmad Dahlan FKIP UHAMKA, Jakarta Timur.

Indonesia dan Korea Selatan memiliki hubungan bilateral yang baik. Hal ini terbukti terdapat sekitar 50.000 orang Indonesia menempati Korea Selatan dan sekitar 20.000 orang Korea menempati Indonesia. Hal ini memperlihatkkan bahwa Indonesia dan Korea Selatan memiliki hubungan yang dekat dan akrab.

Study In Korea Education Fair merupakan sebuah pameran pendidikan luar negeri yang diselenggarakan oleh Korean University Admission Center (KUAC) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA). Acara ini bertujuan untuk membuat titik awal pertukaran yang lebih beragam melalui pertukaran dalam bidang pendidikan di kota Jakarta. Selain itu, acara ini juga bertujuan membantu para siswa SMA serta  mahasiswa dan alumni dalam mendapatkan informasi dan juga beasiswa perkuliahan di luar negeri khususnya di Provinsi Gangwon, Korea.

Acara Education Fair ini dihadiri oleh Ketua Majelis Diktilibang PP Muhammadiyah Prof. H. Lincoln Arsyad, M.Sc.,Ph.D.,Rektor UHAMKA Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum, Para Wakil Rektor, Pimpinan Fakultas dan Lembaga serta para peserta seminar yang terdiri dari mahasiswa dan kurang lebih 400 pelajar SMA se Jabodetabek.

mendatangkan lima kampus terbaik di Provinsi Gangwon, Korea, yaitu Hallym University, Kangwon National University, Catholic Kwandong University, Kyungdong University, dan Sangji University.

Provinsi Gangwon merupakan provinsi yang sukses di Korea setelah dipuji dalam perayaan olimpaiade musim dingin Pyongchang dan merupakan provinsi yang telah terbukti statusnya secara internasional. Provinsi Gangwon sendiri merupakan daerah yang bersih dengan sumber daya alam melimpah dan berbagai macam festival.

Ketua Majelis Diktilibang PP Muhammadiyah Prof. H. Lincoln Arsyad, M.Sc.,Ph.D., mengungkapkan ada empat keunggulan melanjutkan studi ke Korea, yaitu Sekolah Korea sudah mendunia, Biaya hidup tidak semahal di Amerika dan Inggris, letak geografis yang tidak terlau jauh dari Indonesia dan budaya yang tidak terlalu jauh berbeda.

Terselenggaranya acara ini bermaksud mengajak peserta untuk meningkatkan kemampuan akademik dan menikmati fasilitas terbaru di lingkungan yang baik, yaitu di Provinsi Gangwon. Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan juga dapat berkembang pula pertukaran tidak hanya dibidang akademik tetapi juga budaya, politik dan sebagainya. Acara ini dapat membuka mata dan membulatkan tekad para peserta untuk melanjutkan studinya ke luar negeri.

“Ini merupakan acara yang sangat bagus untuk membuka wawasan para calon mahasiswa yang ingin mengetahui Korea lebih jauh dengan lima perguruan tinggi bagus dengan berbagai macam program studi yang memungkinkan bisa diakses oleh anak-anak kita, sehingga anak-anak Indonesia mempunyai kesempatan yang bagus untuk bisa meraih cita-citanya dan potensinya.” Ungkap Dr. Lelly Qodariah. M. Ag. Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA)

UHAMKA sendiri berharap dengan acara ini nantinya UHAMKA dapat membangun kerja sama lebih lanjut dengan perguruan tinggi di Korea. Tidak hanya pihak Korea yang mendatangkan mahasiswa dari Indonesia, tetapi juga mahasiswa Korea dapat terbuka untuk mempelajari tentang budaya dan teknologi Indonesia, sehingga kita juga membuka kesempatan untuk mahasiswa Korea belajar di Indonesia, sehingga UHAMKA menjadi bagian dari gerakan mencerdaskan anak banngsa.

 

 

 

Leave a Reply