UHAMKA Adakan Alumni Talks Melalui Live Instagram

Universitas Muhammadiyah Prof. DR HAMKA (UHAMKA) merupakan perguruan tinggi dengan akreditasi terbaik di Jakarta, terhitung sejak tahun 1957 UHAMKA telah banyak menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang mampu bersaing di dunia nasional maupun internasional juga berhasil menjalankan berbagai profesi di masing-masing bidangnya. Untuk menjalin erat hubungan dengan para alumni, UHAMKA mengadakan bincang santai dengan para alumni melalui instagram live pada hari Sabtu, 6 Juni 2020 pukul 19.30 WIB. Acara perdana ini menghadirkan Siti Nur Amalia sebagai salah satu alumni yang sudah sangat terkenal sebagai mahasiswa berprestasi semasa kuliah. Acara ini juga menjadi sangat menarik karna dimoderatori oleh Prima Mutia Sari, M.Pd selaku Staf Teknis Wakil Rektor III UHAMKA, pembicaraan yang santai namun mengandung banyak pesan didalamnya.

Meski baru lulus satu tahun dari UHAMKA, Siti Nur Amalia merupakan mahasiswa program studi  Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan angkatan 2015. Setelah lulus satu tahun dari UHAMKA ia telah berhasil dalam meraih karirnya yaitu menjadi Sekretaris Direktur Rumah Sakit Khusus Paru di Karawang; kemudian ia juga membuka usaha kecil dibidang makanan dan kecantikan. Ia menyatakan bahwa apa yang diraih pada hari ini adalah hasil dari jerih payah yang dilakukan selama kuliah. Jika orang lain setelah kuliah langsung pulang kerumah, ia justru menghabiskan sisa waktunya setiap hari di kampus.

Lia (sapaan Siti Nur Amalia) merupakan mahasiswa yang sangat aktif, tidak hanya didalam akademik saja ia pun mengikuti sejumlah kegiatan yang mengasah kemampuannya selama di kampus seperti ber organisasi. Ia memiliki rekam jejak sebagai Wakil Ketua Umum di Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika; Sekretaris Bidang di BEM FKIP UHAMKA juga menjadi Sekretaris Umum di BEM UHAMKA. Dengan produktifitasnya menjalankan kuliah dan organisasi, Lia juga mengikuti berbagai kompetisi untuk mengukur kemampuannya dan mencetak sebuah prestasi. Sebagai sosok anak muda yang penuh semangat dan memiliki sebuah ambisi yang baik, di tahun 2017 ia berhasil meraih juara I dalam 12 ajang kontes kecantikan; kemudian ditahun berikutnya ia pun menjadi perwakilan untuk DKI Jakarta dalam ajang Puteri Kebudayaan Indonesia. Dari ratusan peserta yang tersebar di berbagai wilayah dan provinsi Indonesia, Lia berhasil meraih posisi TOP 10.

Keberhasilan yang Lia saat ini raih adalah sesuatu yang dari dulu dipelajari, serius dalam mengasah kemampuan akademik juga serius dalam mengasah soft skills. Semua yang didapat ketika organisasi dan kuliah dulu sekarang sangat tepakai di dunia kerja; Lia pandai dalam mengurus administrasi sebab ia berpengalaman menjadi sekretaris di organisasi mahasiswa, juga ia berhasil menjawab serangkaian pertanyaan dan tes hitungan karna ia tidak pernah absen dalam kuliahnya. Menjadi sekretaris Direktur di Rumah Sakit Paru tentunya bukan hanya harus pintar mengurus administarsi seperti membuat surat menyurat saja tetapi juga harus pandai menghitung dan mengelola laboratorium yang berada dirumah sakit, semua itu telah didapati dan dipelajari selama Lia berada di Pendidikan Fisika UHAMKA, ujarnya.

Dari berbagai followers yang menonton instagram live diantaranya banyak sekali memberikan pertanyaan kepada Lia, seperti yang di lontarkan oleh akun @rifkakhan_ yang menanyakan bagaimana Lia bisa memilih UHAMKA untuk menjadi tempat menimba ilmu? Kemudian masih dengan akun yang sama menanyakan bagaimana cara Lia memanjemen waktu Lia terhadap segudang aktifitas yang Lia lakukan setiap harinya dan juga pertanyaan seputar dengan awal Lia terjun di dunia modeling yang dilontarkan oleh akun @zia.rza hingga pertanyaan terkait dengan kenapa karir yang Lia miliki sekarang tidak selaras dengan jurusan yang ia ambil ketika kuliah dan pertanyaan yang sangat menarik dari akun @if.indahfahdillah adalah cara Lia mengatasi titik jenuh yang sudah pasti setiap manusia rasakan.

Dari berbagai pertanyaan tersebut Lia pun menjawab dengan sangat bijak dan memotivasi. Alasan ia memilih UHAMKA karna baginya UHAMKA memiliki sebuah visi yang jelas sebagai kampus swasta, identik dengan megedepankan religiusitas menjadikan Lia semakin yakin untuk kuliah di UHAMKA. Jelas bagi Lia karna nilai kegamaan adalah hal yang terpenting dalam menimba ilmu dan Lia mempercayai bahwa UHAMKA mampu membentuknya menjadi insan yang cerdas dalam intelektual juga menjunjung nilai-nilai agama.

Kemudian untuk mengatur berbagai agenda yang setiap hari padat, Lia tetap mengedepankan menjalankan kuliah. Ia baru akan menjalani kegiatan yang lainnya setelah perkuliahan selesai, Lia pun menyusun jadwal setiap hari agar dirinya tidak membuang waktu dan menetapkan prioritas yang utama pada dalam dirinya. Bantuan teman-teman prodinya juga sangat membantu  Lia jika sesekali ada perihal yang mendesak yang mengharuskan Lia meninggalkan kuliah seperti tukar jadwal presentasi dengan teman kelasnya. Kendala terbesar Lia ketika menjalani semua ini adalah ketika ada jadwal yang menurutnya sangat penting di waktu yang sama, tentunya Lia harus memilih salah satu diantaranya.

Menyinggung seputar dunia modelling,  Lia juga membagikan pengalamannya pertamakali bisa berada dalam dunia modeling. Berawal dari iseng ingin mencoba sesuatu yang baru, dan dengan kepercayaan diri Lia yang kuat serta banyak belajar terkait dengan dunia modelling seperti pose, catwalk¸ fashion menjadikan Lia juga berhasil meraih banyak penghargaan di dunia modelling tersebut. Tak hayal bahwa dunia modeling lah yang membawa Lia bisa mendapat  followers sebanyak 11.5k disertai dengan endorse yang tak jarang Lia dapatkan.

Pertanyaan dengan keanehan mengapa jurusan Pendidikan Fisika menjadi seorang Sekretaris juga mendapat perhatian yang besar dikalangan netizen. Pasalnya kerap kali mahasiswa pendidikan adalah memiliki goals sebagai seorang guru tetapi Lia tidak menyentuh hal tersebut. Jawaban unik dari Lia pun muncul dirinya menyatakan belum siap untuk menjadi seorang guru, dirinya cenderung lebih ingin menjadi seorang manajerial. Jika harus kembali ke dunia pendidikan ia akan mengambil profesi sebagai kepala sekolah, pemilik yayasan atau menjadi seorang dosen, ujar Lia. Dengan berbagai pertanyaan netizen seputar keselarasan jurusan kuliah dengan profesinya sekarang, Lia pun menjelaskan bahwa ada pelajaran dasar dari jurusannya yang kepakai di dunia kerja yang sekarang, seperti Fisika Kuantum dan beberapa praktikum laboratoirum.

Dan pertanyaan menarik dari netizen terkait dengan cara Lia mengatasi kejenuhan, Lia pun menjawab dengan penuh motivasi. Ia mengatakan bahwa jenuh adalah sifat yang lumrah dimiliki oleh semua manusia. Ketika jenuh Lia lebih memilih untuk behenti sejenak kemudian melepaskan kejenuhan bersama teman-temannya dan setelah itu ingat kembali tujuan dari awal ia hingga bisa sampai di posisi ini.

Ia juga berpesan agar selalu semangat dalam menjalankan berbagai aktifitas semasa kuliah, menurutnya menjadi mahasiswa adalah hal keberuntungan dan sangat istimewa; ini harus dijadikan kesempatan yang baik untuk menciptakan peluang dalam menanam benih-benih kesuksesan yang akan dituai dikemudian. Rasa lelah pasti ada sebab dalam melakukan perjuangan tidak ada yang tidak menyakitkan, mengeluh boleh namun menyerah jangan. Karna  hakikatnya semua yang ada dalam diri manusia telah diatur dan diberi sesuai dengan batas kemampuannya, semua menjadi mungkin jika kita terus berusaha, kata Siti Nur Amalia.

 

@rifkakhan_ : Ka lia mau tanya dong, kenapa dulu pilih UHAMKA untuk jadi tempat kaka menimba ilmu, sedangkan ada banyak perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta lainnya?

@rifkakhan_ : Gimana cara bagi waktu yang super sibuk, baik sama keluarga. Teman, organisasi, kerjaan, dll? Apasih yang jadi prioritas kakak Ketika kuliah?

@zia_rza : Awal mula terjun di dunia modelling gimana? Diajak temen atau gimana?

@nurlianaapr : Ka Lia pelajara apa aja yang dipake banget pas udah jadi sekretaris di RS? Terus kira-kira banyak hal-hal baru atau pengalaman baru ga yang di dapat setelah jadi sekretaris di RS paru?

@farahzulfahrosyidah : Ka, alumni Pendidikan fisika kok jadinya kerja di RS?

@if.indahfadhilah : Ketika kuliah organisasi kerja, Ketika semua masalah berkecamuk terjadi dalam satu hari yang sama, yang Namanya titik jenuh pasti ada kan ka. Gimana kakak mengatasi dan mengontrol itu semua?

Leave a Reply