Tim Robotika Fakultas Teknik UHAMKA (Robucom) Meraih Prestasi Membanggakan menjadi “Runner Up”, “JUARA II” Pada Kontes Robot Indonesia Regional II di ITENAS Bandung.

Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kembali menyelenggarakan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 sebagai ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika. KRI 2019 terdiri dari 5 (lima) divisi, yaitu : 1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); 2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI); 3. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); 4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; 5. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; dan divisi baru.

Wilayah regional II terdiri dari empat provinsi, yaitu Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Kalimantan Barat. Sebanyak 63 tim dari 31 perguruan tinggi di wilayah regional 2 telah ikut serta dalam kompetisi ini. Regional lainnya adalah Regional 1 (Sumatera), Regional 3 (Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan), dan Regional 4 (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Malulu, dan Papua).

KRI 2019 bekerja sama dengan Perguruan Tinggi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Kontes Tingkat Regional dan Kontes Tingkat Nasional. KRI merupakan agenda tahunan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-dikti). Pada kesempatan ini, dalam Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) didukung penuh oleh Bapak Rifky, ST., MM selaku Wadek III, Ir. Harry Ramza, P.hD., dan Zuhri Halim, M.Kom sebagai Dosen Pembimbing Fakultas Teknik (FT) UHAMKA mengirim Tim Robotika untuk ikut berpatisipasi dalam kompetisi ini,

Fakultas Teknik UHAMKA mengikuti 2 Jenis Kontes, yaitu  Tim ROBUCOM, mengikuti Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI) dan Tim UROITA19 mengikuti Kontes Robot Pemadam Api Berkaki (KRPAI).

Setelah Melalui perjuangan yang melelahkan dan menegangkan, Tim Robucom mlangkah penuh percaya diri dengan melaju di babak penyisihan dan berhasil menembus babak perempat final. Di Babak Perempat Final Team Robot FT UHAMKA menghadapi Tim Tangguh dari ITB, dan Alhamdulillah Tim Robot FT UHAMKA mampu mengalahkan Tim ITB, dan melaju ke babak Semifinal.

Kontes ini bertujuan menjadi ajang kreativitas mahasiswa dalam rancang bangun dan rekayasa bidang robotika dengan desain dan fungsi yang telah ditetapkan oleh Asian Broadcasting Union Robot Contest (ABU ROBOCON), Trinity College Home Robo Contest, dan International Soccer Robocup. sumber : Kontes Robot Indonesia

Dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Teknik, Dr.Sugema, M.Kom. mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan menyampaikan ucapan terimakasih dan Penghargaan yang tinggi  kepada seluruh Tim Robotika Fakultas Teknik UHAMKA khususnya ROBUCOM yang telah meraih prestasi yang membanggakan menjadi Runner-Up / JUARA II.

” Pada kegiatan Kontes Robot Indonesia Regional II ini Tim Robucom insyaAllah akan maju ke Kontes Robot Indonesia Tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Kota Semarang pada awal bulan Juli 2019. Ungkap Dekan FT “.

Leave a Reply