Seminar Nasional “Sertifikasi Pustakawan From A to Z” dan RAKORPIMNAS 2018 di UHAMKA

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah (FPPTMA) menyelenggarakan Seminar Nasional Sertifikasi Pustakawan From A to Z dan disejalankan dengan Rapat Koordinasi Pimpinan Nasional (RAKORPIMNAS) Tahun 2018 pada Rabu, 05 Desember 2018 di Aula Fachrudin, Kampus E Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA. FPPTMA berkolaborasi dengan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka ini didaulat menjadi tuan rumah.

Seminar yang dihadiri oleh sekitar 150 peserta dari berbagai profesi seperti Pustakawan, Dosen, Mahasiswa, dan Praktisi Informasi ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Ketua FPPTMA Dr.  Lasa Harsana, M,Si,  Chief Librarian BINUS University Dr. Endang Ernawati, M.Lib, dan Perpustakaan Nasional Indra Astuti, S.S, M.P.

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor UHAMKA Prof. Dr. H. Gunawan Suryoputro, M. Hum. menyampaikan pentingnya sertifikasi bagi Pustakawan khususnya di tingkat Universitas.

Kepala Perpustakawan UHAMKA Risna Kemala Dewi, S.S menyampaikan hal serupa. Menurutnya kenyataan yang dihadapi Pustakawan praktisi lebih berat karena harus berhadapan dengan stake holder di lingkungannya yang bias dikatakan masinh meragukan keprofesionalan Pustakawan. Dengan adanya sertifikasi Profesi, Pustakawan dapat menunjukkan eksistensi dan  kualitas kompetensi serta tidak  lagi dipandang sebelah mata.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACK