Memperkuat Program Branding, UHAMKA Selenggarakan Workshop Kehumasan Menuju Akreditasi 2021

Hubungan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Humas UHAMKA) mengadakan kegiatan workshop Kehumasan, Selasa – Rabu, 4 – 5 Februari 2020 di Mini Teater Kampus FEB Lantai 3 Pasar Rebo. Mengangkat tema, “Menumbukan, Mengembangan dan Meningkatkan Sivitas UHAMKA dalam Membangun Kesadaran Merek Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Menuju Reakreditasi UHAMKA Tahun  2021”, kegiatan bertajuk workshop kehumasan dan keprotokolan ini menghadirkan pembicara yang kompeten dibidang kehumasan yakni, Executive Director & Communication Stategist Holistic Reputastion Advisory, Dian Umar Anggraeni, M.Si.,; Wakil Rektor II UHAMKA, Dr. Zamah Sari, M,Ag.,; Kepala Bagian Humas UHAMKA, Nurlina Rahman, S.Pd. M.Si.,; dan Jurnalis, Editor, sekaligus Wakil Pemred Kompas, Imam Prihadiyoko Ph.D.

Suasana Workshop Kehumasan 4 Januari 2020

Kegiatan ini menghadirkan materi diantaranya; Branding membangun dan Meningkatkan kesadaran Merek UHAMKA, Penataan Media/Akun Promosi sebagai bagian dari Branding, Etika Kehumasan dan Pelayanan Prima, Management Event & Keprotokolan, serta Membuat dan Menulis Berita (Fotografi & Videografi).

Penyampaian materi ke-1 Branding Membangun dan Meningkatkan Kesadaran Merek UHAMKA, Narasumber Executive Director & Communication Stategist Holistic Reputastion Advisory, Dian Umar Anggraeni, M.Si., dan Moderator Subhan Ajiz Awalludin, M.Sc.
Penyampaian Materi ke-3 dan ke-4 Etika Kehumasan dan Pelayanan Prima; dan Management Event & Keprotokolan, Narasumber Kepala Bagian Humas UHAMKA, Nurlina Rahman, S.Pd. M.Si.
Penyampaian materi ke-5 Membuat dan Menulis Berita (Fotografi & Videografi), Narasumber Jurnalis, Editor, sekaligus Wakil Pemred Kompas, Imam Prihadiyoko Ph.D.

Dimaksudkan sebagai tanggung jawab bersama membangun kesadaran merek (branding) nama besar UHAMKA agar dalam berbagai kegiatan masing-masing unit dapat merencanakan, menyelengarakan, dan mengemasnya dalam bentuk informasi kepada khalayak sebagai bentuk tanggung jawab dalam mem-branding UHAMKA ke dalam maupun ke luar. Merupakan tanggung jawab UHAMKA untuk menumbuhkan dan mengembangkan serta meningkatkan profesionalisme sumber daya insani dalam kegiatan kehumasan dan protokoler.

Penyampaian Materi ke-3 Etika Kehumasan dan Pelayanan Prima, dan Materi ke-4 Management Event & Keprotokolan oleh Kepala Bagian Humas UHAMKA, Nurlina Rahman, S.Pd., M.Si.

“kita perlu kembali melakukan evaluasi apakah yang selama ini kita lakukan atau yang melekat pada diri kita sebagai sivitas UHAMKA sudah merupakan suatu brand bahwa kita sudah merepresentasikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr, HAMKA”, Kepala Bagian Humas UHAMKA, Nurlina Rahman dalam sambutan Workshop Kehumasan, 4 Februari 2020.

 

Penyerahan cindera kasih kepada narasumber oleh Subhan Ajiz Awalludin, M.Sc., kepada Nurlina Rahman, S.Pd., M.Si.

Nama besar UHAMKA; Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. HAMKA diambil dari dua ketokohan besar; Muhammadiyah dan Buya HAMKA. Muhammadiyah telah lahir 102 tahun lalu, memiliki 164 perguruan tinggi seluruh Indonesia berkategori besar dan kecil, terakreditasi institusi unggul sampai dengan cukup, UHAMKA adalah salah satu dari 164 PTM tersebut dengan menyandang akreditasi unggul, dan tahun 2021 UHAMKA harus kembali akreditasi untuk mempertahankan dan meningkatkan keunggulan tersebut, Buya HAMKA adalah ulama besar yang dimiliki bangsa Indonesia, seluruhnya best seller; sastra, novel; dibawah lindungan ka’bah karya yang luar biasa, karya-karya agama, sebut saja diantaranya tafsir Al Azhar sangat fenomenal karena beliau menulis di penjara dan karyanya sampai saat ini menjadi rujukan banyak peneliti dan masyarakat untuk mendalaminya.

Wakil Rektor III UHAMKA, Dr. Lelly Qodariah M.Pd., sambutan sekligus membuka Workshop Kehumasan.
Wawancara Wakil Rektor III UHAMKA, Dr. Lelly Qodariah M.Pd. dengan TVMu

“Perlu terus membaca, terus mengelaborasi, terus mengintensifkan untuk mengenal apa itu Muhammadiyah dan bagaimana sosok HAMKA. Nilai-nilai HAMKA harus masuk ke dalam perilaku kita, dan nilai-nilai Muhammadiyah harus kita implementasikan kedalam setiap langkah kita.”, Wakil Rektor III UHAMKA, Dr. Lelly Qodariah M.Pd., sambutan sekaligus membuka Workshop Kehumasan.

Warek III UHAMKA, persoalan untuk mem-branding bukan hanya persoalan menuju akreditasi 2021, tetapi sebuah penyadaran dari berbagai kekurangan dan kelebihan UHAMKA. Maka, guna meningkatkan kesadaran merek; pertama, butuh untuk menjelaskan tentang UHAMKA setiap saat; kedua butuh untuk mengenal Muhammadiyah secara baik.

Penyerahan cindera kasih kepada narasumber oleh Wakil Rektor III UHAMKA, Dr. Lelly Qodariah M.Pd., kepada Wakil Rektor II UHAMKA, Dr. Zamah Sari M.Ag dalam materi ke-2 Penataan Media/ Akun Promosi sebagai Bagian dari Branding

Dalam materi Penataan Media/ Akun Promosi sebagai Bagian dari Branding, Warek II UHAMKA, Dr. Zamah Sari M.Ag., “Branding bukan hanya sekedar huruf atau lambangnya seperti apa, warnanya bagaimana, tetapi ada pengalaman dan emosi yang terpaut”.

Kegiatan interaktif bersama peserta dalam praktik membuat dan menulis berita
Kegiatan interaktif bersama peserta dalam tanya jawab soal branding UHAMKA

Pada Workshop kali ini Humas UHAKA menghadirkan sebanyak 48 peserta dari Dosen dan Karyawan UHAMKA; mulai dari Badan Pembina Harian (BPH) sampai kepada Pusat Studi Kajian Halal (PSKH).

Foto bersama peserta dan narasumber Workshop Kehumasan

Pelatihan kepada tiap sivitas UHAMKA ini diharapkan dapat membentuk kesadaran bersama untuk turut membesarkan nama UHAMKA menuju Reakreditasi UHAMKA Tahun 2021.

Leave a Reply