Mahasiswa UHAMKA KKN Internasional 2020

Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) berangkatkan tiga orang Mahasiswa semester lima untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata/KKN Internasional, yakni Dewi Sinta Umimiaisah, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Hilmi Nurhidayah, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam; dan Bella Jastacia, Prodi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.  Kegiatan perkuliahan dan Kerja Lapangan ini disebut Kafilah KKN Internasional 2020, selama satu bulan bertempat di Kuala Lumpur, terhitung mulai 15 Januari – 14 Februari 2020.

Merupakan KKN Internasioanl perdana di UHAMKA yang diinisiasikan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Memberangkatkan sebanyak 32 mahasiswa dari lima Universitas Muhammdiyah, yakni Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Luwuk, Universitas Muhammadiyah Kupang, Universitas Muhammadiyah Rapang, Universitas Muhammadiyah Palu, dan UHAMKA.

Sebanyak 33 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional saat berada di PCIM Malaysia. (Humas/Klikmu.co)

Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia menjadi tuan rumah perhelatan besar generasi muda Muhammadiyah tahunan bernama Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional selama Januari hingga Februari 2020. Sasaran utama mahasiswa KKN yakni, warga Muhammadiyah di Malaysia di sekitar Kuala  Lumpur seperti Kampung Baru, Gombak, Pandan, Ampang, Kepong, maupun Klang Lama. Sasaran lainnya adalah warga Indonesia umum di Malaysia dan warga lokal.

Kegiatan KKN yang berlangsung sebulan ini akan menghadirkan banyak program menarik. Di antaranya, seminar kewirausahaan, gerakan literasi, gerakan menabung sejak dini, dan praktik berbahasa Inggris.

Kamis (9/01/2020) UHAMKA mengundang Mahasiswa UHAMKA terpilih untuk hadir dalam pembekalan guna mempersiapkan keberangkatan KKN Internasional 2020 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 8, FEB UHAMKA. Dihadiri oleh ketua Prof. Dr. Nani Solihati, M.Pd., dan Gufron  Amirullah M.Pd. Sekretaris   LPPM UHAMKA, acara dimulai pukul 09.00 WIB.

Pelepasan Mahasiswa UHAMKA peserta KKN Internasional 2020 dilaksanakan pada Senin, 13 Januari 2020. Turut hadir Wakil Rektor I, Prof. Abd. Rahman A. Ghani, SH., M.Pd; dan wakil Rektor III, Dr. Lelly Qodariah, M.Pd sebagai Wakil Rektor II, didampingi oleh ketua dan jajaran pimpinan LPPM UHAMKA.

“Dahulu Malaysia yang berguru ke Indonesia, sekarang waktunya Indonesia berguru ke Malaysia”, Prof. Abd. Rahman A. Ghani, SH., M.Pd dalam sambutan acara pelepasan. Keikutsertaan mahasiswa UHAMKA dalam kegiatan KKN Internasional ini sebagai upaya UHAMKA untuk terus meningkatkan kualitas mahasiswa dan upaya memenuhi standar mutu sebagai kampus yang unggul, lanjut Warek 1 ini.

Mahasiswa UHAMKA Peserta KKN International 2020, Bella Jastacia berharap agar KKN Internasional perdana UHAMKA ini menjadi awal yang baik dan dapat memotivasi mahasiswa lainnya. Hal serupa juga diungkapkan Dewi Sinta yang memohon doa restu berbagai pihak demi kelancaran KKN agar dapat membawa nama baik UHAMKA.

Leave a Reply