Kemenristek BRIN Gandeng UHAMKA Selenggarakan Koordinasi Pengembangan Jurnal dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik

Jakarta-bertepatan dengan peringatan hari guru nasional 2019, Kementerian Riset dan Teknologi /Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek BRIN) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) menggelar Acara Koordinasi Pengembangan Jurnal dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik pada tanggal 25 November 2019 di Hotel Grand Sahid, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1 UHAMKA Prof. Abd. Rahman A Ghani, SH.,M.Pd. dan Menteri Riset, Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D.beserta jajarannya.

Wakil Rektor 1 UHAMKA Prof. Abd. Rahman A Ghani, SH.,M.Pd. saat memberi sambutan

Dalam sambutannya Wakil Rektor 1 UHAMKA Prof. Abd. Rahman A Ghani, SH.,M.Pd. memaparkan tanggapan serta harapannya terhadap para pengelola jurnal di UHAMKA terkait acara penyerahan akreditasi jurnal ini. “Kegiatan ini penting dilaksanakan, terkait dengan urgensi nya adalah publikasi dosen serta dampak langsung terhadap program studi instansi itu sendiri. Saya juga berharap dengan acara ini dapat menjadi pemacu motivasi bagi pengelola jurnal di UHAMKA untuk terus meningkatkan kualitas akreditasi jurnalnya”.

Menteri Riset, Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D.

Menteri Riset, Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D. menjelaskan bahwa Acara ini merupakan tindak lanjut serta bentukĀ  penghargaan dari Kemenristek brin terhadap peningkatan kualitas jurnal ilmiah di Indonesia. “Penyerahan sertifikat dan akreditasi ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pola jurnal yang telah berhasil meningkatkan kualitas pola jurnal sesuai standar akreditasi yang ditetapkan”

Para peserta yang berhasil mendapatkan sertifikat dan medali SINTA

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan relevansi jurnal ilmiah dan juga untuk meningkatkan daya saing bangsa Indonesia. Peringkat akreditasi merupakan jaminan resmi terhadap jurnal yang dikelola dimana peringkat tertinggi adalah Sinta 1 dan terendah adalah Sinta 6.

Tidak hanya melakukan penyerahan sertifikat akreditasi kepada peringkat 3 sampai 6 serta pengalungan medali Sinta kepada juara 1 dan 2, dalam acara ini juga dilaksanakan penandatanganan MOU tentang “Program Pendanaan Penelitian dan Interoperabilitas Data” antara Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan dan LPDP berisi bahwa deputi menteri bidang Risbang akan menjadi talent scouting dan LPDP yang akan memfasilitasi dana atau pembiayaannya.

Penandatanganan MOU antara Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan dan LPDP
Dr. Muhammad Dimyati (Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan) dan Ronald Silaban (Pelaksana Tugas Direktur Utama LPDP)

Leave a Reply