Halal Bihalal Virtual Keluarga Besar UHAMKA: Refleksi, Aksi, dan Adaptasi Masa Pandemi

Dalam momentum Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1441 H yang terbilang spesial dan baru karena terhalang aturan jarak fisik di masa pandemi Corona Virus Diseases 2019 (COVID-19), tidak membuat momentum silaturahmi Keluarga Besar Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) terputus. UHAMKA menggelar halal bihal secara virtual dengan mengangkat tema “Refleksi, Aksi, dan Adaptasi Masa Pandemi”, yang digelar via Aplikasi ZOOM Could Meetings dan terkoneksi dengan siaran langsung di YouTube, Senin (01/06).

Halal Bihalal bertajuk “Keluarga Besar UHAMKA” ini dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor, Badan Pembina Harian (BPH), Ketua PP Muhammadiyah, Pimpinan/Dekanat, Kepala Departemen (Kadep), Koordinator Program Studi (KPS), Dosen dan Tenaga Kependidikan serta Mahasiswa UHAMKA. Meskipun digelar melalui perantara ZOOM Could Meeting yang tidak bertatap muka secara langsung, namun acara berjalan dengan khidmat dengan pembukaan acara dengan membaca ayat suci Alquran yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pimpinan Rektor UHAMKA, Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum. Dalam kesempatan Halal Bihalal virtual keluarga besar UHAMKA yang berdurasi hampir dua jam ini juga menghadirkan tausyiah interaktif dari BPH UHAMKA, Prof. Dr. Hery Suhardiyanto, M. Sc.

Dalam sambutannya, Rektor UHAMKA menyampaikan perihal 23 tahun pasca Konfersi dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah menjadi UHAMKA pada 30 Juni 1997 berkat tokoh-tokoh IKIP Muhammadiyah dan PP Muhammadiyah.

“tanggal 30 Juni kemarin merupakan hari konfersi IKIP Muhammadiyah menjadi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dan Alhamdulillah masih berkembang hingga sekarang”, ungkap Rektor UHAMKA.

Rektor UHAMKA mengungkapkan rasa syukur atas milad konfersi IKIP Muhammadiyah menjadi UHAMKA ini melalui sebuah puisi karya Edi Suhardi (Kang Esu) yang berjudul UHAMKA dan Al-Fatihah. “semoga puisi ini dapat menginspirasi semua yang berkhidmat di UHAMKA”, lanjut Rektor UHAMKA.

Seluruh civitas Akademika gerak langkahnya dimulai dengan basmallah nawaitu lillah semua sukses segala puji bagi Allah
Dikelola dengan manajemen kasih sayang Arrahmaan Arrahiim
Semua kerja akan dipertanggung jawabkan dimanakah kholiqul ‘alam
Jika sukses bukan karena aku bukan karena engkau bukan karena kita, kembalikan semua puji kepada Yang patut disanjung dan dipuji Al-hamdu lillaahi rabbil-’alamiin
Dia Yang Maha Rahman, kasihnya melintas jaman
Dia Yang Maha Rahim, Dia raja hari pembalasan
Kepada-Nya segala laku kita pertanggung jawabkan
Dalam menghadapi segala kondisi, UHAMKA tidak pernah frustasi walau sulitnya setengah mati
Ketika sukses kadang melambung naik kelangit tinggi namun tidak lepas berucap: Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’in
Menyerah pasrah sujud sembah, rebah ditanah lalu memohon kepada-Nya
Seluruh Civitas memohon, Ihdinas-siraatal-mustaqiim
Jalan yang lurus, lurus, lurus
Jalan yang mana? Jalan yang Engkau beri nikmat kepada mereka bukan jalan yang Engkau murka dan bukan jalan yang sesat, hina, dan tercela
Ya Allah perkenankanlah kiranya, Aamiin.

Kang Esu, 30 Mei, untuk Milad Konfersi UHAMKA.

Makna dari puisi ini merefleksikan sebuah semangat ketika menghadapi pasang surut dalam berkhidmat di UHAMKA berkat amanah serta semangat dalam Muhammadiyah.

“InsyaAllah pada kondisi apapun termasuk kondisi pada hari ini kta tetap bersemangat untuk tetap terus memajukan UHAMKA berjaya sebagai pilar dakwah Muhammadiyah”, tutup Rektor UHAMKA dalam sambutannya.

Halal Bihalal Virtual Keluarga Besar UHAMKA 1441 H ini bisa ditonton ulang melalui link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=c_94Wp_oeTM&t=23s

Keluarga besar UHAMKA mengucapkan Taqabbalallahu Minna wa Minkum, selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441, Mohon maaf lahir dan batin.

Leave a Reply