FAKULTAS ILMU –ILMU KESEHATAN UHAMKA GELAR KULIAH UMUM UNTUK MAHASISWA BARU

Jakarta – Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) UHAMKA menggelar kuliah umum untuk mahasiswa baru tahun 2019/2020 untuk Program Studi Ilmu Gizi dan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Acara tersebut berlangsung di Aula Lantai 4 UHAMKA pada Sabtu (19/10/2019). Kuliah Umum ini dihadiri oleh Dekan FIKES, Wakil Dekan, Dosen dan lebih dari 300 mahasiswa yang terdiri mahasiswa prodi ilmu gizi dan prodi kesehatan masyarakat.

Terdapat 2 tema dalam kuliah umum tersebut. Yang pertama adalah “Pengendalian Konsumsi Makanan Tinggi Garam, Gula dan Lemak (GGL) Sebagai Langkah Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) Serta Identifikasi Titik Kritis Kehalalnya” dengan narasumber diantaranya Dr. Rimbawan dari Departemen Gizi Masyarkat IPB dan Dosen Program Studi Ilmu Gizi FIKES Mira Sofyaningsih, STP., M.Si.

Suasana Kuliah Umum FIKES UHAMKA

Dalam kesempatan ini, Dekan FIKES UHAMKA Onny Linda, M.Kes menjelaskan untuk produk makanan yang ada dilingkungan sekitar memang belum sepenuhnya teruji secara halal, namun saat ini sebagai kampus islami UHAMKA sedang mencari indikatornya. Salah satu yang diimplementasikan oleh FIKES adalah untuk lebih perhatian dengan produk makanan dan minuman yang berlabel halal. Dan menghimbau secara masif kepada seluruh Civitas UHAMKA  untuk dapat lebih perhatian terhadap produk makanan dan minuman yang dikonsumsi sehingaa bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu FIKES juga memperkuat dengan mengkaji penelitian dengan kehalalan.

Penyerahan sertifikat oleh Dekan FIKES UHAMKA Onny Linda, M.Kes kepada Dr. Rimbawan dari Departemen Gizi Masyarkat IPB

Dan yang kedua bertemakan “Sinergi Antara Pemerintah, Pendidikan Tinggi dan Organisasi Massa dalam Menghadapi Masalah Kesehatan Perkotaan” dengan narasumber diantaranya Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr. Sri Widyastuti, M.K.M dan Dr. Emma Rachmawati, Dra., M.Kes Dosen Program Studi  Kesehatan Masyarkat UHAMKA dan bergerak sebagai Bidang Kesehatan di PP Muhammadiyah.

Dr. Emma Rachmawati, Dra., M.Kes menyampaikan dalam tema yang diangkat tentang kemitraan, untuk program kesehatan harus bermitra dan bersifat strategis. Tujuan kuliah umum tersebut diadakan agar mahasiswa mendapat gambaran bahwa upaya kesehatan dapat dilakukan bersama-sama dan memiliki peran masing-masing, diantaranya di beberapa bidang yaitu peran pemerintah, ormas,  pendidikan tinggi , bisnis dan bidang civil society.

Dr. Emma Rachmawati, Dra., M.Kes saat menyampaikan materi

Dalam kuliah umum sesi kedua Dekan FIKES UHAMKA Onny Linda, M.Kes menyampaikan harapanya setelah memperoleh materi, mahasiswa lebih paham terkait tentang kesehatan yang ada diperkotaan, sehingga  mereka dapat memiliki upaya preventif atau tindakan pengendalian sosial yang dilakukan untuk pencegahan masalah penyakit tidak menular dapat menjadi concern dan berharap menjadi agent of change dapat menyampaikan ilmu – ilmu yang bermanfaat pada masyarakat secara luas. “Untuk hasil akhirnya FIKES UHAMKA mengharapkan prevalensi terkait penyakit  penyakit yang ada diperkotaan dapat menurun secara signifikan”. Ungkapnya.

Foto bersama dengan Pembicara, Dekan FIKES, Dosen pada sesi kedua

Selain Kuliah Umum, Acara ini juga disejalankan dengan program cek kesehatan gratis dan pengenalan profil FIKES UHAMKA.

 

 

Leave a Reply