Dosen UHAMKA Memberikan Penyuluhan Obat di Desa Cijengkol Bekasi

Dosen Fakultas Farmasi dan Sains UHAMKA melakukan penyuluhan kepada warga di Desa Cijengkol, Bekasi Jawa Barat. Penyuluhan ini dilakukan pada awal September lalu tepatnya di ruang kelas TKIT-TPQ Qotrunnada Desa Cijengkol. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat umum RW 18 Desa Cijengkol Kecamatan Setu mulai dari kalangan ibu-ibu yang juga merupakan orangtua murid dari TKIT-TPQ Qotrunnada, ibu rumah tangga, ibu pengajian, higga guru.

Yeni, M.Si., Apt. Menyoroti peran ibu yang sangat penting dalam keluarga. Jika terdapat anggota keluarga yang sakit, biasanya ibulah yang pertama kali merawat dan mengobati yang sakit. Peningkatan pengetahuan dan wawasan masyarakat khususnya ibu-ibu sangat penting dalam menunjang keberhasilan upaya peningkatan kualitas kesehatan warga masyarakat. Ujarnya

Masyarakat yang mengikuti Penyuluhan Obat di Desa Cijengkol Bekasi

Sementara itu Nining, M.Si., Apt. yang juga berprofesi sebagai Apoteker memberikan informasiĀ  tentang masalah penggunaan obat pada masyarakat dan informasi tentang obat resep dokter yang mengakibatkan menimbulkan kepatuhan pasien rendah sehingga pengobatan tidak optimal, persepsi tentang obat generik yang keliru, pembelian antibiotik secara bebas tanpa resep dokter, dan penggunaan obat bebas (OTC/over the counter) tanpa pengetahuan dan informasi yang memadai.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan secara menarik sehingga membuat masyarakat antusias mengikuti penyuluhan tersebut. Yang membuat lebih menarik adalah dengan adanya ice bereaking dan doorprize sehingga materi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik dan menyenangkan.

Selain itu masyarkat juga memberikan kesan baik terhadap penyuluhan yang dilakukan. Dan diharapkan masyarakat lebih memahami dalam memaknai obat-obatan.

Leave a Reply