Buka Puasa Bersama Di KBRI Beijing, Wartawan Senior ANTARA Berikan Tausiah Terkait Hikmah Puasa

Pada tanggal 6 Mei 2019 Kedutaan Besar Republik Indonesia mengadakan acara buka puasa bersama di Aula KBRI Beijing. Bagi umat muslim asal Indonesia yang ada di Beijing biasanya tidak ingin melewatkan hari pertama ibadaha puasa di bulan suci Ramadhan ini dengan berbuka puasa bersama serta sholat berjamaah.

 

Hidangan buka puasa kolak dan lontong sayur yang disajikan oleh KBRI membuat Warga Negara Indonesia merasakan sensasi di Tanah Air.

Sholat Isya berjamaah dipimpin oleh Bapak Adia Putra Wilman, mahasiswa doctoral Beijing University of Chemical Technology (BUCT), Ketua Bidang Dakwah PCIMT Regional Beijing.

 

Kemudian, dilanjutkan dengan ceramah yang diisi oleh wartawan senior ANTARA Bapak M. Irfan Ilmie. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan beberapa fatwa yang ditulis oleh ulama baik salaf maupun khalaf.

Ada tiga hikmah dari puasa yaitu hikmah pertama adalah hikmah jasmaniah, Nabi Muhammad bersabda “Puasalah kalian semua insyaAllah tubuh kalian akan sehat,”

Hikmah kedua adalah ijtimaiyah, yakni dengan datangnya bulan Ramadhan kita dapat bersilaturahim dengan sesama umat muslim dalam melaksanakan ibadah secara jamaah seperti sholat isya dan ibadah sunnah tarawih.

Hikmah yang ketiga yakni hikmah Ruhiyah, jadikanlah puasa di bulan suci Ramadhan ini sebagai salah satu bentuk pengikatan batin antara kita semua. “Sebagai contoh membantu sesama saat sedang mengalami musibah,” ungkapnya.

Kemudian kegiatan ini ditutup dengan sholat tarawih berjamaah yang kembali dipimpin oleh Bapak Adia Putra Wirman.

Leave a Reply