Berdayakan 200 Relawan, UHAMKA Raih Penghargaan Dari LLDIKTI Wilayah III

LLDIKTI Wilayah III menggelar acara pemberian penghargaan kepada perguruan tinggi yang telah berinovasi dan berkontribusi dalam kegiatan relawan selama pandemi covid-19 (29/6). Meski terbilang sudah memasuki masa new normal, namun kegiatan pemberian penghargaan tersebut diselenggarakan tetap melalui daring. Adapun kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Nizam beserta dengan seluruh pimpinan perguruan tinggi wilayah III.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari apresiasi LLDIKTI III kepada perguruan tinggi yang telah produktif selama masa pandemi ini. Berbagai inovasi dan kegiatan sukarelawan tentunya sangat membantu dalam mitigasi penyebaran covid-19 semakin luas, dan keadaan yang sangat mengkhawatirkan perguruan tinggi di wilayah III ini tetap tergerak untuk melakukan pergerakan yang bermanfaat bagi bangsa.

Adapun kategori yang diberikan LLDIKTI dalam penghargaan ini ada 4 kategori :

  1. Kategori Perguruan Tinggi yang menghasilkan inovasi dan produk kesehatan selama Pandemi Covid-19
  2. Kategori Perguruan Tinggi yang berkontribusi dalam kegiatan kerelawanan selama pandemi Covid-19
  3. Kategori Perguruan Tinggi Peraih QS World University Rangkings
  4. Penghargaan untuk rumah sakit yang telah bekerja sama dengan LLDIKTI Wilayah III dalam kegiatan tes rapid dan swab.

Terhitung sebanyak 38 Perguruan Tinggi di wilayah III yang menerima penghargaan karena telah berkontribusi dalam kegatan kerelawanan selama pandemi covid-19 ini. Dari 38 perguruan tinggi tersebut, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA (UHAMKA) menjadi bagian dari salah satunya.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam mengucapkan selamat kepada perguruan tinggi yang mendapatkan penghargaan di lingkungan LLDIKTI Wilayah III. “Selamat kepada Lembaga Layanan Pendiidkan Tinggi Wilayah II dan rekan-rekan di lingkungannya yang tetap berupaya mencerahkan dan memajukan kehidupan bangsa”. katannya

Kemudian di lanjut oleh kapala LLDIKTI Wilayah III, Agus Setyo Budi yang juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh perguruan tinggi di lingkungan kerjanya yang telah bekerja keras dalam melakukan inovasi sebagai bentuk kontribusi untuk bangsa.

“Syukur alhamdulillah pimpinan-pimpinan perguruan tinggi lebih produktif di tengah pandemi Covid-19, dibuktikan inovasi dan publikasi yang dihasilkan. Selamat kepada perguruan tinggi yang telah berupaya menghasilkan inovasi-inovasi yang berguna” kata Agus.

Rektor UHAMKA Prof. Gunawan Suryoputro., M. Hum ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa” terima kasih apresiasi LLDIKTI wilayah III yang sudah memberikan penghargaan kontribusi kegiatan kerelawanan kepada kampus yang ada di wilayah III, tentu penghargaan ini akan menjadi semangat kita bersama untuk melawan Covid-19.”pungkasnya.

Ditambahkan oleh Sekretaris UHAMKA Emaridial Ulza” kami  terus semangat dengan 200 relawan UHAMKA yang terdiri dari dosen, karyawan dan mahasiswa tergabung dalam  komunitas Al’Maun untuk bergerak, kami tidak akan berhenti sampai disini karena UHAMKA bukan hanya sekedar kampus yang berbicara tentang kuliah saja, tapi ada peradaban yang diwariskan oleh KH. Ahmad Dahlan dan buya Hamka. ”

Laporan 200 Relawan komunitas Al’Maun UHAMKA pada tanggal 25 Juni 2020 berhasil mengumpulkan uang sejumlah 2.6 Milyar. Dana tersebut sudah digunakan untuk membantu 20 ribu kepala Keluarga dan tenaga medis yang tersebar di Jabodetabek dan  besar kemungkinan terus bertambah karena para relawan sampai saat ini masih terus bergerak.”

UHAMKA meyakini adanya Covid-19 ini tentunya membangungkan jiwa inisiatif  untuk terus menghasilkan sebuah karya dan gerakan nyata. Teologi Al’maun yang digagas KH. Ahmad Dahlan menjadi bukti bahwa membantu sesama menjadi bagian yang tidak bisa di pisahkan dalam hidup.

Leave a Reply