Bella Mahasiswa Berprestasi yang Merintis Profesi Guru di UHAMKA

Beliana Palestina mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) yang memustukan untuk menjadi seorang guru.

Perjalanan Bella sapaan akrab Beliana dimulai saat mendaftar kuliah di UHAMKA, Bella terinspirasi dari kedua saudaranya yang mengajarinya saat duduk di bangku SMP dan kedua inspirator Bella tersebut merupakan lulusan UHAMKA.
Bella jatuh hati dari cara mengajar kedua saudaranya tersebut yang mudah dimengerti dan sistematis yang membuat ia memilih UHAMKA sebagai kampus untuk menempuh Pendidikan calon guruku.

Keputusan Bella untuk kuliah di UHAMKA pun mendapat dukungan penuh dari orangtuanya. Perempuan lulusan SMA Negeri 3 Tangerang ini memilih prodi Pendidikan Bahasa Inggris karena hobinya terhadap Bahasa Inggris dan keinginannya menjadi guru yang semakin menjadi motivasinya memilih jurusan tersebut.

Dalam perjalanannya UHAMKA memberikan banyak nilai lebih dibanding kampus-kampus lain bahkan kampus negeri sekalipun.

Bayangan posisi dosen selalu berada ‘di atas’ mahasiswa ternyata tidaklah benar, karena saat ia berhadapan langsung dengan dosen dan pegawai ternyata semuanya begitu bersahabat.

“Bahkan ada seorang dosen yang sudah seperti teman sendiri, tak sekedar ngajar, bisa jadi teman ngobrol dan curhat,” ungkap Bella.

Bella seringkali bertukar pikiran dengan teman-temannya yang juga kuliah di Pendidikan guru, dari bertukar pikiran tersebut ia semakin memahami bahwa UHAMKA benar-benar menjadi kampus professional dalam mendidik calon-calon guru.

“Ya, kurikulumnya menurut saya tersusun dan terkonsep dengan baik, sangat baik. Jadi setiap mata kuliah disusun berdasarkan tingkatan atau stage yang sesuai. Dengan cara demikian maka setiap mahasiswa tidak perlu dibuat bingung atau pusing,” ungkap Bella.

Menurut Bella UHAMKA tidak sekedar menawarkan ilmu dunia tetapi juga belajar ahlak dari berbagai matak kuliah keagamaan.

Untuk menguji pemahaman tentang agama, UHAMKA juga menyelenggarakan tes AIKA yang dimana tes ini merupakan puncak dari ujian mata kuliah keagamaan yang dipelajari.

Menginjak kuliah, Bella dipercaya menjadi Duta Promosi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UHAMKA dari tahun 2018 hingga 2019 serta mendapatkan beasiswa.

Bella berharap selepas dari UHAMKA bisa menjadi guru Bahasa Inggris yang baik dan dapat mengantarkan setiap siswanya menjadi pribadi yang mandiri dan sukses.

Leave a Reply