Motivasi Belajar bagi Muda Mudi Untuk Sukses

Santri Pesma Buya Hamka Universitas Muhammadiyah PROF DR. HAMKA dengan khidmat mengikuti kajian Ramadhan yang diadakan pada Jumat, 22 Mei 2020. Pengajian ini  dilaksanakan  via  daring  pada  aplikasi zoom yang  diisi oleh Dr. Wawang Sukawang selaku Dekan Fakultas Kedokteran UHAMKA.

Dr. Wawang Sukawang selaku Dekan Fakultas Kedokteran UHAMKA, memaparkan bahwa pentingnya merubah mindset untuk mencapai kesuksesan. Karena sesungguhnya kesuksesan akan lahir ketika kita mampu merubah mindset menjadi positif sehingga nantinya akan mampu untuk meraihnya. Oleh karenanya setiap mahasiswa-mahasiswa UHAMKA harus memiliki mimpi – mimpi agar dapat memanfaatkan waktu yang ada di usia muda. Mengisi waktu muda dengan berprestasi dan memberi manfaat kepada orang-orang sekitar kita. Sebagai Dekan Fakultas Kedokteran, beliau mengawali dari penjelasan bagaimana karakteristik otak beserta susunannya. Beliau mengatakan bahwa setiap otak memiliki peran dan fungsi yang berbeda namun akan tidak terkendali jika tidak dilandasi dengan agama karena agama merupakan penyeimbang antara otak Kiri dan otak Kanan.

Mahasiswa diharapkan memiliki motivasi dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. Karena Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika kaum tersebut tidak merubahnya sendiri. (QS. AR. RAD:11) dan jika mengalami suatu kesulitan hendaknya jangan frustasi atau putus asa karena sesungguh setiap kesulitan pasti Ada kemudahan (QS. AL INSYIRAH : 94). Dan setelah selesai atau sukses terhadap hasil tersebut maka lakukanlah pekerjaan yang lainnya. Intinya jangan cepat puas ucapnya. Karena sesungguhnya Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna yang Allah ciptakan termaktub pada Q.S AT TIN. Namun, harus diikuti dengan doa. Karena sesungguhnya Kita tidak mengetahui apa yang terbaik untuk Kita. Bisa saja apa yang Kita anggap baik belum tentu baik menurut Allah. Mintalah petunjuk kepada Allah agar dapat menjadi insan yang suksea dunia maupun di akhirat.

Setelah menyimak kajian yang disampaikan oleh Dr. Wawang Sukawang, diharapkan mahasiswa UHAMKA mampu menjadikan kesempatan dan waktu yang ada untuk dapat tawakal dijalan Allah dalam mencapai kesuksesan. Agar dapat memberikan output yang baik pula untuk masyarakat banyak. Karena sejatinya, Manusia yang baik adalah Manusia yang memiliki kebermanfaatan bagi sesama. Dan sukses yang sejati adalah bukan Hanya sukses untuk dirinya, namun untuk semua kalangan.

Adapun hal yang dapat disimpulkan pada kajian Kali ini adalah janganlah ragu untuk bermimpi, selagi mimpi masih gratis. Jadikanlah setiap mimpi sebagai motivasi untuk sukses dan iringilah pula dengan doa kepada Allah agar ditunjukan yang baik oleh Allah. Selalu tawakal dan istiqomah dijalan Allah agar tidak lupa akan kodrat Kita sebagai Manusia yaitu LahawlaWalakuataillabilaah

Penulis: Bella Justicia

Leave a Reply