KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA, PROGRAM STUDI ILMU GIZI FIKES UHAMKA SIAP HADAPI DAYA SAING ASEAN TAHUN 2027

Dalam rangka memajukan institusi pada umumnya dan program studi pada khususnya, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (FIKes UHAMKA) melaksanakan kerjasama antar institusi ke Universitas Brawijaya (UB) Malang, pada tanggal 8 Februari 2020. Kunjungan tersebut bertujuan melakukan studi banding untuk membangun perguruan tinggi dengan daya saing pendidikan unggul. Latar belakang FIKes UHAMKA melakukan kunjungan ke Jurusan Gizi di FKUB adalah ingin mempelajari tata kelola Prodi Gizi UB untuk dijadikan pembelajaran. Sebagaimana diketahui, Jurusan Gizi pada Prodi S1 Ilmu Gizi sudah lebih dulu memiliki akreditasi A. Hal lainnya adalah UB merupakan salah satu dari Perguruan Tinggi Negeri yang membuka Program Studi Dietisien.

Peserta kunjungan dari FIKes UHAMKA berjumlah sebanyak 30 orang yang terdiri dari Pimpinan Fakultas, Dosen Prodi Gizi dan Prodi Kesehatan Masyarakat, Laboran, serta Tenaga Kependidikan. FIKes UHAMKA diterima di FKUB tepat pukul 09.30, yang dibuka dengan sambutan oleh Ketua Jurusan Gizi Ibu Dian Handayani, SKM, M.Kes, PhD. Ibu Dian menggambarkan struktur dari jurusan Gizi yang masih ada di bawah Fakultas Kedokteran untuk saat ini, dan berencana untuk berpisah dengan rumpun ilmu kesehatan lainnya menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jurusan gizi memiliki dua Program Studi yaitu Prodi S1 Ilmu Gizi dengan lulusan alumni bergelar S.Gz. Sedangkan Prodi Dietisien yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa dengan memiliki gelar S1 Gizi, yang nantinya lulusan prodi ini bergelar RD/Registered Dietisien. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Ony Linda, SKM., M.Kes selaku Dekan FIKes yang memberikan gambaran tujuan kunjungan FIKes UHAMKA ke FKUB yaitu mengenal lebih dalam Prodi yang terdapat di dalam jurusan gizi FKUB.

Kegiatan selanjutnya yaitu diisi dengan paparan Prodi Sarjana Gizi oleh Ibu Dr. Nurul Muslihah, SP, M.Kes dan Prodi Dietisien oleh Ibu Laksmi Karunia Tanuwijaya, S.Gz, M.Biomed. Keduanya menggambarkan visi dan misi yaitu “Menjadi Program Studi Sarjana Ilmu Gizi dan Dietisien yang unggul dan bermutu internasional dalam pencegahan dan penanganan sindroma metabolik untuk mencapai daya saing ASEAN di tahun 2027”. Visi tersebut dituangkan dalam misi dan pada kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Setelah sesi paparan, ada beberapa pertanyaan yang muncul dari peserta FIKes terkait dengan bagaimana pemecahan masalah dalam menghadapi tantangan yang ada seperti pendirian Prodi Dietisien, juga mengenai akademik dan mahasiswa. Dapat diketahui kesimpulan jawaban dari pertanyaan tersebut adalah adanya indikator pemantauan yang jelas serta kerjasama dari masing-masing Unit yang ada di bawah Jurusan tampak solid sesuai dengan Visi dan Misinya. Kemudian juga adanya sistem seleksi yang ketat dengan adanya test kepada psikolog serta syarat untuk calon mahasiswa baik S1 Ilmu Gizi dan Dietisien. Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan kunjunga laboratorium yang digunakan untuk Prodi S1 Ilmu Gizi dan Dietisien.

Leave a Reply