News Photo

Sambut Bulan Suci Ramadan, Uhamka Gelar Tarhib Ramadan

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyambut bulan Ramadan menyelenggarakan Tarhib Ramadan 1443 H dengan tema Ramadan dan Etos Kerja Muslim. Kegiatan ini dilakukan secara langsung di Ruang Command Center UHAMKA dan daring melalui platform Zoom meeting pada Rabu (30/3).

 

Kegiatan ini turut di hadiri langsung oleh Prof. Abdul Mu’ti selaku Sekretaris Umum PP Muhammadiyah di Ruang Command Center UHAMKA dalam memberikan tausiyah, Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, serta ditemani oleh Wakil Rektor IV Bunyamin, serta dihadiri pula oleh segenap unsur pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswa melalui virtual zoom meeting. 

 

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka mengatakan bahwa kegiatan Tarhib Ramadan ini merupakan bagian dari kegiatan rutin Uhamka yang akan menyelenggarakan berbagai event.

 

”Event akan dikoordinasikan oleh LPPAIKA bersama Warek IV, diantaranya Uhamka Bertadarus, Qalam Subuh, Tebar Da'i Muda Uhamka ke Cabang dan Ranting, dan Gebyar Ramadan. Semua event ini merupakan wujud Uhamka dalam menyemarakkan bulan suci Ramadan,” tutur Gunawan.

 

Prof Gunawan menambahkan bahwa menghadapi bulan suci Ramadan harus dengan melakukan kegiatan yang produktif untuk meningkatkan mutu dan kualitas diri melalui amal-amal sholeh.

 

Abdul Mu'ti selaku Sekretaris Umum PP menyampaikan terkait Tarhib Ramadan, menurutnya bahwa puasa itu adalah syari'at ibdah dalam Islam. Puasa adalah menahan lapar dari pagi hingga waktu masuk adzan Magrib dan menahan diri dari segala macam hawa nafsu.

 

”Sejak awal umat muslim diberikan isyarat oleh Allah SWT dalam menjalankan ibadahnya harus berlandaskan ilmu pengetahuan. Memahami agama harus secara dinamis sesuai zaman umat Islam berada. Saat berpuasa maka kita akan melakukan aktivitas dengan fokus karena Allah semata. Terkait etos kerja, etos bukan hanya semangat kerja tetapi aktivitas intelektual,nilai dan prestasi dalam bekerja,” ujar Mu'ti.

 

Sementara itu, Nandi Rahman selaku Ketua Lazismu Uhamka mengungkapkan bahwa lazismu memiliki etos dan budaya kerja yang selalu ditanamkan didalam setiap langkah lazismu, diantaranya amanah, bekerja profesional dan transparan, semangat kreatifitas dan inovasi.

 

“Selain itu, kami sudah dan sedang melakukan beberapa program kemasyarakatan dalam bidang pemberdayaan ekonomi dan sosial keumatan diantaranya bingkisan ramadhan, santunan anak yatim dan dhuafa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga program ini terus berjalan dengan baik dan amanah” tutur Nandi.

Bagikan Berita Ini