• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Tingkatkan Minat Baca, Mahasiswa FISIP UHAMKA Turut Mengikuti Program Klub Literasi Sekolah

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka yang saat ini telah terakreditasi A menuju akreditasi unggul terus berupaya untuk meningkatkan mutu baik di internal maupun eksternal. Diantaranya, dengan menjalin kerja sama dengan kemitraan yaitu SEAQIL.

 

SEAQIL yang merupakan singkatan dari SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAQIL) merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh para menteri pendidikan se-Asia Tenggara pada tanggal 13 Juli 2009. SEAQIL adalah pusat peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di bawah organisasi regional antarpemerintah negara-negara Asia Tenggara, di mana Indonesia merupakan salah satu pendirinya. Organisasi ini pun turut mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang didirikan oleh kemendikbud.

 

Rizky Abiyya, Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UHAMKA berhasil terpilih untuk mengikuti program KLS yang terselenggara pada 18 Februari hingga 18 Juni 2021 melalui daring. Rizky mengungkapkan, terdapat beberapa tahap rangkaian seleksi sebelum akhirnya berhasil terpilih dalam program ini. Di antaranya, tahap Trainee of Trainers (TOT).

 

“Pada tahap ini, saya diberikan beberapa pelatihan yang tentunya sangat bermanfaat bagi saya. Pelatihan nya pun ada yang bersifat umum dan juga berdasarkan peminatan. Kebetulan peminatan yang saya ambil adalah jurnalistik, sesuai dengan program studi yang sedang saya tekuni.” Tutur Rizky.

 

Setelah mengikuti serangkaian seleksi, akhirnya Rizky berhasil lolos. "Alhamdulillah saya lolos dan ditempatkan di SMA IT Abu Bakar Boarding School yang terletak di Kulon Progo, Yogyakarta, dan pelaksanaan nya dilakukan secara daring." ujarnya.

 

Rizky mengungkapkan, materi yang ia bagikan kepada siswa di sekolah yaitu terkait jurnalistik, pers, berita dan buletin.

"Program ini melatih saya untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Tentunya jadi pembelajaran juga untuk saya agar menerapkan serta membagikan ilmu-ilmu yang telah saya dapatkan di dunia perkuliahan.  Harapannya, semoga apa yang udah saya bagikan ke siswa di sekolah, dapat bermanfaat."
Dilain pihak Tellys Corliana selaku Dekan FISIP Uhamka menuturkan, “Alhamdulillah, saya turut bahagia. Selamat Mas Rizky Abiyya atas pencapaiannya terpilih mengikuti program klub literasi Sekolah. Hal ini merupakan kesempatan yang mahal dan tidak semua orang dapat terpilih,” tuturnya.

 

Ia juga menambahkan, “Kegiatan yang dilakukan oleh Mas Rizky ini merupakan kegiatan yang sangat baik ikut mencerdaskan anak bangsa melalui pelatihan kejurnalistikan serta mengajarkan teman-teman SMA untuk bisa menulis. Menulis berarti juga membaca yang artinya juga mengajarkan anak bangsa untuk berwawasan luas. Selama ini tingkat membaca kita rendah sehingga akan sulit bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Dengan adanya pengetahuan kejurnalistikan yang diajarkan ke teman-teman SMA maka akan meningkatkan pengetahuan dan wawasan generasi yang akan datang” imbuhnya dalam wawancara.

Bagikan Berita Ini

Komentar