• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Rektor Uhamka; Sambut Ramadan dengan Menghidupkan Kemanusiaan

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1442  H. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau UHAMKA adakan Tarhib Ramadan dengan tema Menghidupkan Ramadan , Menghidupkan Kemanusiaan yang telaksana pada hari Sabtu (10/04) secara daring melalui media zoom meeting.  Hal ini untuk mempersiapkan peningkatan ketakwaan keluarga besar UHAMKA kepada Allah SWT.

 

 

Tarhib Ramadan di Uhamka sangatlah berbeda dengan Ramadan dua tahun belakangan karena Ramadan tahun ini masih dalam suasana pandemi sehingga kegiatannya terlaksana secara virtual dengan pembahsan yang saat ini dirasaka n oleh kita semua diantaranya ujian-ujian yang harus kita hadapi diantaranya tidak lain yaitu pandemi Covid-19 dan sekarang adanya Banjir Bandang di Nuta Tenggara Timur. Maka dari itu, Tarhib Ramadan ini bertema Menghidupkan Ramadan , Menghidupkan Kemanusiaan.

 

Prof. Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, ‘Tarhib Ramadan tahun ini bertemakan Menghidupkan Ramadan , Menghidupkan Kemanusiaan karena saat ini masih dalam suasana pandemi dan sekarang ditambah dengan datangnya ujian-ujian yang dirasakan yaitu Banjir Bandang di Nuta Tenggara Timur. Hal ini berdampak kepada berbagai aspek kehidupan diantara aspek ekonomi, pendidikan dan kesehatan, termasuk aspek keagamaan terdampak di dalamnya. Misalnya dalam pengelolaan ibadah terasa berbeda di dalamnya, pengelolaan jenazah menjadi berubah. Maka, kita harus menghidupkan Ramadan kembali. Tentunya menghidupkan Ramadan adalah menghidupkan kemanusiaan yang menjadi tema dalam Tarhib Ramadan kali ini. Hal ini dengan tujuan, agar kita menahan diri dari makan, minum, dan hal yang membatalkan puasa yang dapat menghidupkan kesadaran kita bahwa kita adalah makluk jasmaniah sekaligus makluk rohaniah untuk menjadi sehat melalui puasa ini,” ujarnya dalam sambutan.

 

Walaupun saat ini kita masih di landa pandemi Covid-19 dan berbagai macam ujian. Akan tetapi, tingkat ketakwaan harus terus ditingkatkan ditambah saat ini akan menghadapi bulan Ramadan. Maka dari itu, Rektor Uhamka berpesan agar keluarga besar Uhamka untuk selalu berpuasa agar selalu sehat.

 

“Hal ini yang telah disebutkan oleh Rasulullah bahwa Shumu Tashihhu, puasalah niscaya kamu akan sehat. Kita sambut Ramadan ini dengan suasana yang sehat, yang menggembirakan, kita sambut Ramadan ini dan lebih dari itu, rasa lapar yang kita rasakan akan menjadi lebih empati dan peduli terhadap orang lain sebagai bentuk bagian penting dari kemanusiaan kita, sehingga cita-cita takwa yang ada di ujung puasa dapat benar-benar kita raih,” ungkap Prof. Gunawan dalam pesannya kepada keluarga besar Uhamka yang mengikuti kegiatan ini.

Bagikan Berita Ini

Komentar