• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Psikologi Uhamka dan NEUST Filipina Adakan Webinar Internasional tentang Self-Care

Rendahnya Kesehatan mental menjadi salah persoalan yang timbul di tengah pandemi Covid-19. Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab moral dan akademik untuk membantu masyarakat agar supaya tetap sehat jiwanya meski sedang dihadapkan dengan sejumlah persoalan akibat pandemi Covid-19 yang belum pernah ada preseden sebelumnya. Salah satu cara agar jiwa tetap sehat adalah melakukan hal-hal positif yang bermanfaatn (self-care).

 

Karena itu, Fakultas Psikologi Uhamka bekerja sama dengan Social and Behavioral Sciences Department, Nueva Ecija University of Science and Technology (NEUST) Filipina menyelenggarakan Webinar intrenasional yang bertajuk Alternative Approaches in Self-Care Amidst Pandemic. Webinar internasional ini diselenggarakan menggunakan paltform zoom meeting pada tanggal 25 Oktober 2021.

Dalam sambutannya, Anisia Kumala, Dekan Fakultas Psikologi Uhamkamengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud keseriusan Fakultas Psikologi Uhamka untuk menjejakkan kaki di tingkat internasional. Dengan akreditas A yang dimiliki sekarang, maka sudah saatnya Psikologi Uhamka memasuki wilayah baru di tingkat regional maupun internasional. Sementara itu, Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, rektor Uhamka, berharap agar kerja sama Psikologi Uhama dengan NEUST Filipina dapat ditindaklanjuti dengan program-program lain seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, serta kolaborasi riset antar kedua institusi ini. Selain itu, ia juga mengapresiasi kegiatan webinar internasional ini karena tema tentang self-care ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat agar dapat menjaga Kesehatan mentalnya di tengah berbagai ketidakpastiaan akibat pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi ancaman serius.

 

Hadir sebagai narasumber webinar ini adalah dosen dari kedua perguruan tinggi, yakni Yulmaida Amir dan Mahesty Pertiwi dari Psikologi Uhamka serta Karen Jann M Aquino dan Vincent Mikhail Jan Esteban dari NEUST. Yulmaida dalam paparannya mengatakan bahwa salah satu vaksin psikologis yang sangat bermanfaat untuk menumbuhkan ketahanan diri di tengah pandemi ini adalah ketundukan dan penyerahan total kepada Allah. Menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah akan menumbuhkan ketenangan dan kekuatan dalam menjalani perbagai persoalan kehidupan.

Sementara itu, Mahesty Pertiwi mengangkat tema tentang self-care dengan cara melakukan aktivitas yang bermanfaat antara lain aktivitas holtikultural seperti menanam bunga, berkebun dan sebagainya. Aktivitas-aktivitas tersebut memiliki fungsi yang sangat positif agar terhindar dari stress. Sementara itu, bila Karen mengangkat tema tentang pentingnya mencintai diri sendiri, Vincen dari NEUST menyadarkan tentang pentingnya spiritualitas sebagai bagian penting dari self-care. Kegiatan webinar internasional ini diikuti lebih dari 500 peserta yang berasal dari Indonesia maupun Filipina. (IHM)

Bagikan Berita Ini

Komentar