• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

P3KA Turut Serta adakan Webinar Peran Pemuda dalam menjaga Kedaulatan Negara

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (P3KA Uhamka) mengadakan kegiatan Bela Negara dengan mengangkat tema Peran Pemuda dalam Menjaga Kedaulatan Negara.

 

Acara ini diikuti oleh kurang lebih 120 peserta yang merupakan mahasiswa yang mewakili 9 Fakultas dan 42 Program Studi se-Uhamka. Kegiatan ini dihadiri pula oleh narasumber dari unsur TNI, Kesbangpol, dan Dosen Uhamka.

 

Dalam rangka membuka semangat juang untuk para generasi muda, panitia menampilkan pemutaran video lagu wajib nasional untuk peserta khususnya  bagi para mahasiswa yang mengikuti kegiatan Bela Negara yang diadakan oleh P3KA Uhamka.

 

 

Dr Lelly Qodariah MPd selaku Wakil Rektor III Uhamka turut mengapresiasi kepada seluruh narasumber yang hadir, seluruh peserta, dan seluruh panitia yang terlibat. Lelly Qodariah dalam paparannya menyampaikan bahwa “dalam diksi Uhamka itu sendiri terdapat 2 unsur makna yang dapat dibedah sebagai upaya-upaya civitas akademika Uhamka melibatkan dirinya dalam bela negara.

 

Pertama nama Muhammadiyah yang melekat pada Uhamka itu sendiri sebagai Amal Usaha Muhammadiyah, di dalamnya ada pesan-pesan historis tujuan berdirinya Muhammadiyah, pesan-pesan kebangsaan, kemanusiaan, spiritualitas, dan semangat berkemajuan yang dalam hal ini di contohkan oleh Kyai Ahmad Dahlan dan generasi penerusnya.

 

Kedua, dalam Uhamka juga tersemat sosok Hamka yang merupakan sosok ulama, sejarahwan, novelis, jurnalis dan lain-lain. Artinya Hamka menjadi sosok yang besar pengaruhnya terhadap bangsa ini, sosok pembelajar yang baik, dan pejuang bangsa dan negara. Bahkan Namanya harum bukan hanya dilingkungan persyarikatan, bangsa-negara, juga di kancah internasional. Lengkaplah sudah teladan yang Ananda semua dapatkan jika mengacu pada nama Uhamka itu sendiri,” ujarnya.

 

 

Lelly Qodariah juga mengutip kata-kata Bung Karno “Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakanlah apa yang kamu berikan kepada negaramu.” Dengan kata lain kita sebagai pemuda bangsa mulailah bergerak, melakukan sesuatu, karya, prestasi, dan apapun itu untuk bangsa Indonesia. Berhenti menuntut, mulailah melakukan apapun itu selama positif. “Kita bisa menjadi Pahlawan pada bidang kita masing-masing,”  tutupnya.

 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi oleh para seluruh narasumber. Pembicara pertama Kolonel Kav Harfuddin Daing SE MM, Paban III/Tahwil Ster TNI  dengan tema Komponen Cadangan di Era Kekinian, kemudian pembicara kedua oleh  Drs M Asyik Noorhilmany MSi dari Bakesbangpol DKI Jakarta  dengan tema Bela Negara dimasa Trasnsisi Bagi Generasi Z, dan pembicara ketiga oleh Mubarak Ahmad MPd dari Ketua P3KA dengan tema Upaya Bela Negara Kampus Islami Berkemajuan.

 

Kemudian sesi diskusi interaktif yang dipandu oleh dosen Uhamka Sugiono MPd sebagai moderator. Acara berjalan dengan khidmat, tercermin dari peserta terlihat sangat antusias dan menyimak kegiatan dari awal sampai akhir.

Bagikan Berita Ini

Komentar