• info@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

“Memahami Ideologi Muhammadiyah: Suatu Keharusan Bagi Setiap Penghuni Dormitory UHAMKA”

Dormitory Fakultas Kedokteran UHAMKA mengadakan Training Fasilitator  secara daring. Training Fasilitator ini diadakan selama dua hari yaitu dimulai dari Senin, 7 September 2020- Selasa, 8 September 2020 dengan mengusung tema “Quality of Spirituality Construction for Cadre Identity Reinforcement and Progression”.

Training Fasilitator ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Dr. Bunyamin, M.Pd.I. Training ini dikuti oleh 19 peserta yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA semester 3 dan 5 yang tinggal di  Dormitory Fakultas Kedokteran UHAMKA.

Ihsan Suaeb, S.Pd selaku perwakilan ketua pelaksana mengatakan bahwa training fasilitator ini  diharapkan memberikan wawasan dan kesiapan kepada para calon fasilitator Dormitory FK UHAMKA. Ia juga berpesan kepada seluruh peserta untuk terus mengikuti acara training tersebut sampai akhir, serap ilmu dan pengalaman dari para narasumber.

Materi Ideologi Muhammadiyah merupakan materi pertama dari rangkaian materi yang disampaikan kepada peserta training fasilitator. Materi ini disampaikan langsung oleh Wakil Rektor IV Dr. Bunyamin, M.Pd.I. Beliau mengatakan bahwa setiap fasilitator di Dormitory harus memahami Ideologi Muhammadiyah.

“Sebagai orang yang akan menjadi fasilitator di Dormitory atau Rusunawa atau di asrama mahasiswa PTM di mana saja tidak hanya di UHAMKA, maka pemahaman ideologi Muhammadiyah menjadi sebuah keniscayaan.” Ujar Dr. Bunyamin, M.Pd.I  (7/9)

Selanjutnya beliau mengatakan bahwa Dormitory merupakan integral yang tidak bisa dipisahkan dari kampusnya dan kemudian kampusnya tidak bisa dipisahkan dari organisasi pemiliknya yaitu Muhammadiyah. kemudian beliau juga mengatakan ideologi para penghuni dan terutama pengelola Dormitory harus dibingkai dengan nilai-nilai kemuhammadiyahan. 

Lebih dalam lagi Dr. Bunyamin, M.Pd,I. menjelaskan kepada peserta bahwa ideologi Muhammadiyah adalah ideologi islam, belajar kemuhammadiyahan itu belajar islam yang sesungguhnya.

“ideologi Muhammadiyah itu ya ideologi islam, belajar kemuhammadiyahan itu ya belajar islam yang sesungguhnya, karena Muhammadiyah adalah organisasi yang langsung mengacu kepada Al-Quran dan Sunnah”. Ungkap Dr. Bunyamin, M.Pd.I. (7/9)

Dalam kesempatannya dari seluruh komponen ideologi Muhammadiyah Dr. Bunyamin, M.Pd.I. hanya dapat memaparkan dan menjelaskan satu komponen penting dari ideologi Muhammadiyah yaitu Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MAD) yang memuat pokok-pokok  pikiran fundamental dan memuat suatu pandangan hidup, tujuan hidup, cara dan alat untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan.

Kesimpulan yang dapat diambil dari materi yang disampaikan Dr. Bunyamin, M.Pd.I adalah memahami Ideologi Muhammadiyah merupakan suatu keharusan bagi setiap fasilitator dan pengelola Dormitory UHAMKA pada khususnya serta seluruh orang yang berada dalam naungan Muhammadiyah pada umumnya. Hal ini dikarenakan memahami Ideologi Muhammadiyah adalah suatu cara untuk mencapai tujuan dan cita-cita Muhammadiyah itu sendiri. 

Dr. Bunyamin, M.Pd.I. menutup bicaranya dengan meminta kepada para senior yang telah menjadi fasilitator untuk senantiasa berbagi pengalamannya kepada adik-adiknya. Kemudian beliau juga mengatakan bahwa pelatihan ini tidak hanya memberikan ilmu saja tetapi menyiapkan mental para calon fasilitator yang nantinya akan membimbing dan mengatur junior-juniornya di Dormitory. Beliaupun berpesan supaya calon-calon fasilitator untuk meluruskan niatnya dan niatkan bahwa menjadi fasilitator ini bagian dari ibadah.  (Acep)

Bagikan Berita Ini