• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Makna Penting Hari Sumpah Pemuda Bagi Para Cendikiawan Muda

Apakah di zaman milineal dan teknologi saat ini, para cendekiawan muda masih mempunyai semangat dalam merayakan hari sumpah pemuda?

 

Menurut saya para cendekiawan di indonesia ini masih memiliki jiwa semangat akan sumpah pemuda walapun tidak semua memiliki jiwa semangat yang sama tetapi saya percaya bahwa para kaum muda memperingati hari sumpah pemuda ini dengan cara masing-masing untuk mengobarkan semagat dalam hari yang spesial ini.

 

Alangkah baiknya kita para generasi muda mengetahui arti sejarah dari terbentuknya hari sumpah pemuda, apa maka isi dari teks sumpah pemuda, apa tujuannya terbentuk sumpah pemuda, apa pentingnya hari sumpah pemuda bagi para cendikiawan muda. 

 

Sumpah pemuda merupakan sebuah hari sejarah yang sangat penting bagi para kaum masyarakat Indonesia terutama bagi para cendekiawan muda. Hari ini tanggal 28 Oktober 2020 merupakan hari pembuktian sejarah yang telah terjadi  92 tahun yang lalu, hal ini dapat dijadikan sebagai momen khususnya bagi generasi cendekiawan muda untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mengenang jasa-jasa para pahlawan pada hari sumpah pemuda ini, tujuannya ialah untuk melihat kembali nilai-nilai perjuangan nasionalisme di masa lalu dan masa sekarang.

 

Banyak sekali hari sejarah yang dapat dijadikan semangat perjuangan khususnya bagi generasi muda, karna digenerasi muda ini banyak orang yang acuh terhadap momen di hari sumpah pemuda.

 

Dengan adanya sumpah pemuda merupakan bentuk bukti nyata perjuangan pemuda terdahulu, pada tanggal 28 oktober 1928 tercetuslah isi sumpah pemuda yang di dekralasikan oleh pemuda-pemuda indonesia.

 

Isi teks Sumpah Pemuda :

 

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. 
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

 

 

 

Darisinilah awal lahirnya sumpah pemuda yang diadakannya kongres pemuda yang bertempat di Jakarta, Kongres ini juga diadakan sebanyak 2 kali. Kongres 1 diadakan pada tahun 1926, sedangakan di kongres yang ke-2 dilangsungkan selama dua hari pada 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia. Tujuan Kongres Pemuda II antara lain: (1) Melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia, (2) Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia, (3) Memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

 

Makna yang terkandung adalah bahwa peristiwa bersejarah ini mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu" dan menenamkan akan kita nilai-nilai patriotisme, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab akan memajukan Negara Indonesia kedepannya karena majunya sebuah negara kedepannya ada di tangan penerus para pemuda yang meneruskan semangat kaum tua terdahulu.

 

Maka hari Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi kita semua para generasi cendekiawan muda di Indonesia sekarang untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik dan maju lagi, bukan justru terpecah-belah dalam pusaran konflik antar sesama pemuda yang ada di Indonesia sendiri kita buktikan kepada para leluhur kita bahwa kita bisa untuk mewujudkan tujuan impian yang telah di bentuk oleh para leluhur kita yang percaya bahwa kita bisa memanjukan dan  mempersatukan rasa keadilan Negara Indonesia.

 

(Safitri Dwi Aryanti Muchsin Nur/ Anggota Bidang RPK PK IMM FKIP Uhamka 2020/2021)

Bagikan Berita Ini

Komentar