• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Mahasiswa Pendidikan B. Jepang FKIP Uhamka Adakan kegiatan Rumah Belajar di Masa Pandemi

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau UHAMKA mengikuti kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang merupakan mata kuliah pendidikan berupa praktik mengajar di sekolah yang dilaksanakan saat semester 8.  Namun pada pandemik kali ini, FKIP UHAMKA mengadakan PLP yang dilaksanakan dengan 2 cara yaitu praktik mengajar di sekolah secara daring dan rumah belajar mandiri (RBM).

 

 

 

Rika Andayani sebagai mahasiswa semester 8 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA melaksanakan PLP dengan memilih kegiatan rumah belajar mandiri (RBM) yang diadakan di sekitar tempat tinggal saya yaitu Kp.Tereup RT 01 RW 02, Desa Sukaharja, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Banten. Rumah belajar mandiri ini berlangsung dari 8 Februari 2021 - 31 maret 2021. Namun mahasiswa diberikan kebebasan untuk menentukan waktu pelaksanaannya dengan minimal 8 kali pertemuan. Kegiatan ini tentunya dibimbing oleh Ketua Bidang Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA yaitu Rita Agustina Karnawati dan dosen pembimbing saya yaitu Yuni Masrokhah.

 

Adanya rumah belajar ini dapat meminimalisir kegiatan bermain anak karena ketika memegang handphone biasanya anak menghabiskan waktu dengan bermain game online, tetapi pada kegiatan ini anak belajar hal baru yang bermanfaat dan menyenangkan dengan belajar bahasa Jepang. Meskipun kegiatan dilakukan secara langsung, namun tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi.

 

Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ini hanya 4 orang, karena untuk mematuhi protokol kesehatan. Siswa juga diberikan masker dan disiapkan beberapa handsanitizer, selain itu mereka juga tetap menjaga jarak selama proses pembelajaran. Materi yang diberikan merupakan pembelajaran bahasa Jepang. Durasi pada setiap pertemuan sebanyak 60 menit. Ini merupakan hal baru karena para siswa belum pernah belajar bahasa Jepang, sehingga materi yang diberikan merupakan materi yang sama walaupun mereka berbeda tingkatan kelas.

 

“Ini pertama kalinya saya belajar bahasa Jepang karena di sekolah saya tidak ada mata pelajaran bahasa Jepang. Seru dan menyenangkan,” ungkap Muhammad Arip sebagai siswa rumah belajar mandiri.

 

“Menyenangkan bisa belajar bahasa Jepang. Cara mengajarnya juga tidak membosankan,” ungkap Fitri yang juga siswa rumah belajar mandiri.

 

Dilain pihak, Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka mengungkapkan bahwa, “walaupun saat ini masih dilanda pandemi covid-19, akan tetapi proses kegiatan PLP tetap dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan dan sesuai dengan situasi, kondisi saat ini,” ujarnya.

Bagikan Berita Ini

Komentar