• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Ketua Lemlitbang Uhamka: Kepemilikan Paten Menjadi Cita dan Harapan Bagi Para Peneliti

Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Selenggarakan Webinar Strategi Pengurusan dan Pengolahan Paten Hasil Inovasi Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Selasa (3/8).
 

Kegiatan yang diselenggarakan melalui online virtual zoom meeting ini turut mengundang Dra Dede Mia Yusanti yang diwakili oleh Dadan Samsudin selaku Pemeriksa Paten Kemenkumham RI serta Dr apr Kintoko selaku Penerima Paten yang juga merupakan Dosen Universitas Ahmad Dahlan sebagai Narasumber.

 

Dalam sambutannya, Suswandari selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka mengatakan, “hasil karya para intelektual di Indonesia itu justru diakui oleh orang lain karena faktor kekurang pahaman terhadap budaya untuk menghargai hasil karya intelektual ini,” tuturnya.

 

Kepemilikan paten menjadi cita dan harapan bagi para peneliti, karena hal ini menjadi simbol pengakuan akan kualitas diri dan semangat profesional dalam pengembangan keilmuan.

 

“Sehubungan dengan hal tersebut, Lemlitbang bekerjasama dengan Kemenkumham RI dan Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan kegiatan webinar ini bagi dosen Uhamka dan juga bapak ibu dosen mitra kerja uhamka yang lainnya,” lanjut Suswandari.

 

Di lain pihak, Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menuturkan, “hak paten ini tentu sangat diharapkan, karena selain tuntutan ini pun merupakan kewajiban dari PTN yang diberi amanah untuk melakukan tri darma, yang dimana kalau di PTM yaitu catur darma,” jelasnya.

 

Melalui catur darma PTM, lanjut Gunawan, tentunya sangat dimungkinkan potensinya untuk mendapatkan hak paten.

 

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan paten dari para dosen Uhamka yang telah lama diusulkan beberapa waktu dapat terwujud untuk kemudian mendapatkan arahan dan pembinaan sampai keluarnya hasil paten yang diharapkan oleh para dosen.

 

Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 170 peserta yang merupakan dosen Uhamka dan dosen-dosen mitra kerja Uhamka yaitu IKIp Muhammadiyah Maumere, STIH Muhammadiyah Bima, Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Muhammadiyah Surakarta dan rekan rekan konsorsium LPPM/Lemlit PTMA Indonesia. (FHA)

Bagikan Berita Ini

Komentar