• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Jawab Kemajuan Era Digital, FFs UHAMKA Selenggarakan Webinar Diagnosis Penyakit Dengan Biologi Molekuler Era 4.0

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka merupakan perguruan tinggi yang terakreditasi A dan memiliki 9 Fakultas serta Sekolah Pascasarja, diantaranya adalah Fakultas Farmasi dan Sains yang terus berupaya meningkatkan kualitas di berbagai bidang agar menjadi fakultas unggul dan kompetitif.


Upaya tersebut dibuktikan dengan berbagai penelitian yang dilakukan. Diantaranya adalah penelitian mengenai biologi molekuler yang dibahas lengkap dalam Webinar Diagnosis Penyakit Dengan Biologi Molekuler Era 4.0 pada 3 Juli 2021 melalui online virtual zoom meeting.

Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Elisa merupakan teknologi biologi molekuler (bioteknologi) yang saat ini banyak digunakan dalam bidang kesehatan, khususnya diagnosis penyakit. Pengetahuan terkait perkembangan bioteknologi serta bagaimana pemanfaatannya untuk diagnosis tentunya sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan.


Fatimah Nisma selaku Ketua Penyelenggara mengatakan, “Ilmu Biologi Molekuler saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pemeriksaan biologi molekuler sudah banyak dilakukan pada berbagai macam penyakit infeksi maupun non infeksi. Webinar ini akan membahas manfaat lengkap mengenai PCR dan Elisa yang dihubungkan dengan diagnosis berbagai penyakit.” Ujarnya.

Fatimah  berharap, adanya webinar ini dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi dosen, mahasiswa serta para peserta webinar dalam teknologi biologi molekuler.

“Webinar ini diselenggarakan oleh Program Studi D4 Analis Kesehatan, yang dimana memiliki visi untuk menjadi prophetic teaching program studi, untuk menghasilkan sarjana terapan kesehatan di bidang teknologi laboratorium medik, yang memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan social berkemajuan.” Tutur Dekan Fakultas Farmasi dan Sains, Hadi Sunaryo


Selain itu, Hadi mengatakan, keunggulan dari program studi D4 Analis Kesehatan ini adalah fokus kepada analisis yang berbasis bioteknologi.


“Oleh karena itu, webinar ini sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman mengenai biologi merkuler atau yang lebih dikenal dengan bioteknologi baik kepada para dosen, mahasiswa dan seluruh peserta webinar.”

Bagikan Berita Ini

Komentar