News Photo

Jalin Silaturahmi Erat melalui Program PMM DN

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA secara sah menutup Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM DN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. PMM DN merupakan program yang mempertukarkan mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi lain dengan tujuan mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan keahlian mahasiswa yang mampu berteman dengan beragam latar belakang untuk meningkatkan persatuan dan nasionalisme, memberikan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain untuk memperkuat dan memperluas kompetensi akademik mahasiswa, serta memberikan pengalaman kebinekaan melalui pelaksanaan Modul Nusantara. Acara penutupan pun berlangsung hikmat dan penuh momentum, Rabu (23/2).

Acara dimulai dari laporan PIC PMM DN Uhamka, yakni Purnama Syae Purrohman. Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa outbound yang mengikuti PMM sejumlah 26 orang dan tersebar di 62 perguruan tinggi. Kemudian mahasiswa inbound di Uhamka sejumlah 53 orang yang berasal dari 25 perguruan tinggi.

Purnama, yang menjabat sebagai Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) Uhamka juga menuturkan bahwa kegiatan tersebut memiliki kesan tersendiri untuknya. “Kegiatan PMM DN juga memiliki kesan mendalam karena adanya kegiatan modul nusantara, yang banyak memberikan pengalaman kebhinnekaan kepada mahasiswa.” Ujarnya.

Setelah laporan PIC, Lelly Qodariah selaku Wakil Rektor III Uhamka memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Mulai dari PIC dan tim, para kaprodi, para kasubag akademik, biro keuangan, para dosen termasuk dosen modul nusantara, mentor, hingga para mahasiswa outbound dan inbound yang tetap optimis mengikuti kegiatan ini,” ucap Lelly Qodariah.

Lelly Qodariah berpesan bahwa kegiatan ini diharapkan memberi keluasan jaringan silaturahmi antarpulau, walaupun hanya bertemu dalam waktu satu semester.

“Walau hanya satu semester, tetapi diharapkan dapat menjalin silaturahmi selamanya,” ujarnya. Acara penutupan menyuguhkan kesan dan pesan dari dosen dan mahasiswa. Untuk mahasiswa outbound diwakili oleh Aliffia Angel Aura Disa dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Uhamka yang berkesempatan melaksanakan perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Mahasiswa inbound diwakili oleh Hasannudin, dari Universitas Pendidikan Ganesha yang berkesempatan kuliah di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Uhamka. Lalu Mubarak Ahmad. selaku dosen modul nusantara menyampaikan kesan dan pesan serta Ayu Putri Seruni, selaku dosen pembelajaran. Pesan dan kesan yang disampaikan merujuk pada satu hal, yakni silaturahmi yang istimewa. Silaturahmi yang mampu membawa keadaan saling memahami dan saling berbagi.

Program PMM DN telah terasa manfaatnya oleh mahasiswa. Mereka mendapatkan pengalaman berharga untuk dapat belajar di Uhamka walau secara daring. Uhamka yang telah memiliki Learning Management System yaitu Online Learning Uhamka turut memudahkan mahasiswa inbound dalam melaksanakan PMM DN secara daring.

Bagikan Berita Ini

Komentar