• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Ikrar Tauhid untuk Ketenangan Hati

Perkuat integritas Islam dan Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka selenggarakan kajian keislaman setiap bulan yang terintegrasi pada psikologi dengan mengusung tema Ikrar Tauhid Untuk Keteguhan Hati pada seri ke-2 yang telah diselenggarakan melalui media zoom Meeting Kamis (11/11) pukul 18.00 hingga 19.00 WIB.

 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi Uhamka Anisia Kumala dan Izza Rohman sebagai pemateri dalam kajian ini. Kajian ini membahas hubungan antara ketauhidan dengan hati dan jiwa manusia.

 

Adapun tujuan kegiatan yang dilaksanakan oleh Fakultas Psikologi ini, ialah meningkatkan keimanan dan ketauhidan mahasiswa yang nantinya bisa menjadi bekal untuk terus beriman kepada Allah.

 

Izza Rohman mengungkapkan bahwasannya Alquran merupakan obat (Syifa) bagi hati dan jiwa kita, karena jika hati dan jiwa kita sakit maka kehidupan yang kita jalani tidak akan sempurna.

 

“Sebenarnya kunci dari meningkatkan keimanan dan ketauhidan kita dengan Alquran, karena di dalam Alquran sejatinya penuh dengan ungkapan-ungkapan zikir. Zikir itulah yang nantinya berpengaruh pada qalbu dan rasa iman kita,” ujar Izza.

 

Dalam Kajian ini Izza Rohman juga menyinggung makna ‘Laa Ilaa Haillallah’ yang bermakna tauhid dalam Islam, menurutnya penegasan akan  ‘Laa Ilaa Haillallah’  bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT. Ketika membaca Al-Quran pun mengaskan bahwa umat Islam dituntun untuk menyatakan komitmen ketauhidan.

 

Izza menambahkan, bahwa agar selalu berkomitmen berdzikir dan taat pada ajaran tauhid yaitu dengan memprioritaskan Allah di dalam hati.

 

"Perlu diketahui zikir itu ada 3 yaitu zikir hati, lisan, organ (dengan tindakan seperti menolong orang lain sama saja dengan berzikir). Dan untuk berkomitmen dalam berzikir maka kita harus mengisi hati kita dengan Allah," tutur Izza.

 

Ilham Mundzir, selaku moderator memberikan penutup dengan harap agar kegiatan Ikrar Tauhid Untuk Keteguhan Hati ini dapat memberikan wawasan luas untuk audiens zoom meeting yang telah hadir.

 

"Saya harap, semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi ibadah untuk kita. Dan saya berharap juga audiens yang hadir mendapatkan wawasan yang luas dan hikmahnya," ujar Ilham.

Bagikan Berita Ini

Komentar