• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

IMM FEB Uhamka Bekali Mahasiswa dengan Webinar Praskripsi

Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) FEB Uhamka Jakarta Timur membekali mahasiswa yang akan melakukan tugas akhir dengan menggelar Webinar Pra Skripsi. Kegiatan ini digagas oleh Bidang Riset Pengembangan Keilmuan (RPK) PK IMM FEB Uhamka. 

Meski pandemi Covid-19 yang belum berlalu, tidak menyurutkan semangat fastabiqul khairot untuk terus menebar kebermanfaatan.

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan dan menambah pemahaman mahasiswa tingkat akhir tentang hal-hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi skripsi. 

Dalam webinar ini, ada 5 materi dengan pembicara yang sudah ditempatkan dan ahli di bidangnya. Adapun materinya yaitu "Menggali ide dan menentukan judul yang menarik dalam kepenulisan skripsi" oleh Muhammad Tamul Fikri dan Intan Purnamsari selaku alumni kelas unggul FEB UHAMKA; “How to manage your time dalam menulis skripsi” oleh Toto Tohari dosen FEB UHAMKA; “Jenis-jenis penelitian dan sistematika kepenulisan skripsi yang baik dan benar” oleh Dicky Chandra, dosen FEB UHAMKA; “Cara mengolah data dan mencari metode yang tepat dalam penulisan skripsi” oleh Edi Setiawan, wakil dekan III FEB UHAMKA; serta materi terakhir oleh Sumardi, wakil dekan I FEB UHAMKA, yakni “Tips dan trik lulus ujian skripsi dengan nilai yang memuaskan”.

Aisyah Syahfitri Oktaviani, sekretaris bidang RPK, menyebutkan, ide dari kegiatan ini muncul setelah teman-teman RPK PK IMM FEB UHAMKA Jakarta Timur melihat belum adanya lembaga mahasiswa yang memberikan perhatian terhadap mahasiswa semester akhir, terutama terhadap permasalahan penyusunan skripsi. 
“Ide kegiatan ini muncul setelah kami di Bidang RPK mendiskusikan masalah-masalah yang dirasakan oleh mahasiswa tingkat akhir di FEB UHAMKA. Ditambah perhatian IMM terhadap masyarakat luas melalui program kerja kami harus terus ditingkatkan, terkhusus mahasiswa tingkat akhir. Dan akhirnya kami di Bidang RPK mencoba menggagas terlaksananya program pra skrikpsi ini,” ujar Aisyah.

Dia juga menyampaikan, meski pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dua hari, mahasiswa tetap antusias mengikuti proses webinar ini. “Alhamdulillah, meskipun pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara online dan menyita waktu dua hari di akhir pekan, tetapi antusias mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pra skripsi ini tetap tinggi. Ini dibuktikan dengan dihadirinya kegiatan ini oleh 130-an partisipan selama dua hari ini," ungkap Aisyah. 

Sementara itu, Dr. Lelly Qodariah, M.Pd selaku keynote speaker berpesan kepada peserta bahwa identitas Buya Hamka untuk untuk terus menggali ilmu pengetahuan dengan baik melalui riset mengembangkan pengetahuan tersebut.

Dia juga mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini. Dia berpesan kepada seluruh peserta untuk menyerap informasi dalam acara ini sebagai langkah awal sebelum menyelam dalam penyusunan skripsi.

Selain itu, Wakil Dekan III FEB UHAMKA, Edi Setiawan S.E, M.M dalam sambutannya mengatakan bahwa skripsi merupakan tugas akhir akademik yang harus diselesaikan oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. "Oleh karena itu, edukasi yang tepat dibutuhkan sebagai bekal untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian skripsi,” katanya.

Sidqi Khoirulloh, ketua umum PK IMM FEB UHAMKA, mengatakan, webinar ini tidak hanya bernilai penting, tetapi juga memiliki nilai yang strategis bagi upaya mahasiswa untuk menyusun laporan akhir atau biasa disebut dengan skripsi. "Tugas akhir yang harus ditempuh sebagai kewajiban seorang mahasiswa," ujar Sidqi.

Selain itu, Wika Essa Putra, ketua umum PC IMM Jaktim, dalam sambutannya juga sangat merespons dengan baik kegiatan ini. Menurut dia, webinar ini dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa ke depannya. “Webinar ini merupakan kemudahan yang diberikan di era pandemi ini, di mana bekal yang didapat akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa di kemudian hari,” katanya.

Bagikan Berita Ini

Komentar