• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Hima PBSI Selenggarakan Peningkatan Literasi dengan Kegiatan Festival

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMA PBSI) FKIP UHAMKA, menyelenggarakan kegiatan Festival Literasi Uhamka Jilid V (FLU Jilid V) dengan tema “Generasi Muda yang Kreatif dan Berbudaya di Era Digitalisasi”.  Secara daring atau virtual pada tanggal 23 Mei 2021. Ini merupakan tahun ke-5 HIMA PBSI mengadakan kegiatan Festival Literasi Uhamka, namun berbeda seperti tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara luring, Festival Literasi Uhamka Jilid V tahun ini dilaksanakan secara daring melalui media virtual.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas generasi muda dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia dan meningkatkan minat literasi pada masyarakat khususnya pada generasi muda.

Ada berbagai kegiatan yang diadakan dalam acara ini. Kegiatan tersebut berupa beberapa macam lomba seperti cipta puisi, lomba cipta cerpen, dan lomba musikalisasi puisi yang dilaksanakan mulai tanggal 19 April 2021 sampai 19 Mei 2021.

Festival Literasih Uhamka Jilid V tidak hanya menyelenggarakan perlombaan semata, namun juga dimeriahkan dengan diskusi sastra pada kegiatan Bincang Sastra dengan tema “Perkembangan Budaya Menulis Sastra di Era Digitalisasi”. Bincang Sastra FLU Jilid V menghadirkan dua pemateri yaitu Lambertus Berto Tukan sebagai penulis lepas dan Ahmad Nur Fauzi sebagai mahasiswa FKIP UHAMKA dengan pengalaman menulis yang baik.

Puncak dari acara Festival Literasi Uhamka Jilid V (FLU Jilid V) yaitu Webinar Nasional dengan tema “Pengembangan Literasi di Era Digitalisasi” secara virtual dengan pemateri
Dr. Muh Abdul Khak, M.Hum. dari Badan Bahasa Sebagai Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra dan Okky Puspa Madasari yang merupakan seorang Novelis, esais, kolumnis berbagai media, konsultan.

“Semoga dengan adanya kegiatan Festival Literasi Uhamka ini dapat mengembangkan literasi yang ada di Indonesia melalui media digital yang sudah sangat ramai sekarang ini” tutur Syifa Fauziah Anwar dalam sambutannya sebagai Wakil Ketua Umum HIMA PBSI FKIP UHAMKA.

Dalam kegiatan Festival Literasi Uhamka Jilid V, HIMA PBSI turut mengundang Ibu Prof. Dr. Hj. Prima Gusti Yanti, M.Hum. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHAMKA dan bapak Hari Naredi, M.Pd. selaku Wakil Dekan III FKIP UHAMKA untuk memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini.

“Memang kalau kita bicara sekarang mau tidak mau kita harus selalu mengaitkan segala sesuatu dengan era digital, bukan hanya sastra bukan hanya bahasa, kurikulum  kita kaitkan dengan era digital, kemudian dengan era digital ini program studi  sudah bergerak kearah situ”. Tutur ibu Prof. Dr. Hj. Prima Gusti Yanti, M.Hum. dalam sambutannya di pembukaan FLU Jilid V.

“Saya berharap dalam kegiatan-kegiatan akademis ini mahasiswa semakin kritis, semakin kreatif, semakin inovatif mendapatkan beragam pengetahuan diluar perkuliahan, jadi tentu saja saya sangat mendukung kegiatan-kegiatan HIMA PBSI ini yang senantiasa melahirkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi”. Tutur bapak Hari Naredi, M.Pd. dalam sambutannya pada pembukaan FLU Jilid V.

Puncak dari kegiatan FLU Jilid V adalah pengumuman juara lomba dalam acara Webinar Nasional. Dimulai dari pengumuman pemenang lomba cipta puisi yang terdapat dua kategori yaitu siswa dan mahasiswa. Pada kategori siswa juara 3 jatuh kepada Wahyu Setiyawan, juara 2 Vania Kharizma dari SMA Kalam Kudus, juara 1 Eli Wahyuni Nasution dari SMA Unggulan CT Foundation. Pemenang lomba kategori mahasiswa juara 3 jatuh kepada Stefanus Delly Perdana dari Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta, juara 2 Ismi Indriani dari Universitas Padjadjaran dan juara 1 M. Iqbal Khoironnahya dari Universitas Tidar. Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba cipta cerpen yaitu pada kategori siswa juara 3 jatuh kepada Tania Nisrina dari SMA Daya Utama Kota Bekasi , juara 2 Alir Bening Firdausi SMAN 1 Purwokerto, dan juara 1 Annisa Widya Shafira dari SMAN 1 Baleendah. Lalu pada kategori mahasiswa juara 3 jatuh kepada Octa Amalia dari UHAMKA, juara 2 Yopi Sanjaya dari UHAMKA dan juara 1 Indira Anggananjati Universitas Negeri Jakarta. Pengumuman pemenang lomba terakhir yaitu lomba musikalisasi puisi, juara 3 jatuh kepada NABASTALA BERSAJAK dari SMK Walisongo 2 Depok , juara 2 SANGGAR TEMPA dari Universitas Riau dan juara 1 MUSASI dari Universitas Negeri Jakarta.

Di penghujung acara FLU Jilid V, Panitia menampilkan video musikalisai karya peserta lomba sebagai bentuk apresiasi atas partisipasinya mengikuti lomba dalam kegiatan ini.  Acara ditutup dengan sesi foto bersama dengan para peserta yang hadir dalam Festival Literasi Uhamka Jilid V.

Bagikan Berita Ini

Komentar