• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Fakultas Teknik Uhamka Terus Tingkatkan Kualitas Lulusannya Melalui kerjasama Luar Negeri

Dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan Uhamka, Fakultas Teknik (FT) Uhamka terus berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri,diantaranya dengan Universiti Teknologi Petronas (UTP) Malaysia, yaitu Kolaborasi Riset dan kolaborasi bidang lainnya, seperti Student Mobility dan Staft Exchange.

 

 

Dalam Kerjasama Kolaborasi Riset yang dibangun oleh Lembaga Penelitian UHAMKA, Fakultas Teknik Uhamka Memiliki tiga Team Riset yang berkolaborasi dengan Team Riset UTP yang saat ini masih terus berproses.

 

Salah satu terobosan baru dalam upaya peningkatan kualitas Lulusan Fakultas Teknik, Ketua Program Studi Teknik Elektro Ir.Harry Ramza, P.hD. mengundang salah satu Dosen UTP, Assoc.Profesor Dr. Mohd. Haris MD.Khir untuk menjadi Penguji pada Sidang Skripsi Mahasiswa Teknik Elektro.

 

Muhammad Ramdani, salah satu Mahasiswa Prodi Teknik Elektro, dalam penyelesaian Skripsinya diuji oleh Dosen penguji Assoc.Profesor Mohd. Haris  MD Khir dari  UTP Malaysia dan Oktarina Heryani, M.Si. dari FT UHAMKA. Mohammad Ramdani mempertahankan Skripsinya yang berjudul Perancangan Lengan Robot Menggunakan Rekaman Gerakan, dibimbing Oleh Mujirudin, MT dan Ir,Harry Ramza, P.hD.

 

Usai Ujian Sidang Skripsi Berakhir, Dr. Mohd Haris sangat tertarik dengan tema skripsi Ramdani, sehingga Ramdhani ditawari untuk melanjutkan Studi S2 di UTP Malaysia dengan bimbingan Dr. Mohd. Haris. Namun rencana itu masih terhalang oleh Pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

 

Saat masih menjadi  mahasiswa Program Studi Teknik Elektro FT Uhamka, Ramdani adalah mahasiswa yang ulet dan tergabung dalam komunitas Robot Fakultas Teknik, Prestasi yang diraihnya adalah meraih Juara II pada Kontes Robot Indonesia Tingkat Regional II di Bandung dan berhasil maju pada Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional di Semarang pada tahun 2019 lalu .

 

Dalam proses perkuliahannya, Ramdani tidaklah berbeda dengan mahasiswa lainnya. Di setiap harinya ia kuliah serta mengerjakan tugas dari dosen seperti halnya teman-temannya yang lain. Berkat kegigihannya  pada bulan  Agustus 2020 ia berhasil Lulus dalam Ujian  sidang skripsi secara daring yang langsung di uji oleh dosen luar Negeri yaitu dari UTP Malaysia.

 

Dr. Sugema,S.T., M.Kom selaku Dekan FT Uhamka dalam penjelasannya kepada tim kabarpendidikan.id menuturkan bahwa “budaya akademik yang menghadirkan Dosen tamu, Penguji tamu dari luar UHAMKA baik dari kalangan Pendidikan maupun kalangan  praktisi dari industri  akan terus dilakukan,  dengan harapan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran maupun kualitas lulusan fakultas Teknik.”

 

Kemudian, Sugema menambahkan dalam penjelasannya “penguji tamu seperti Assoc. Prof. Dr. Mohd Haris Md Khir dari UTP Malaysia sangat diperlukan saat ini untuk melihat sejauh mana kualitas karya dan hasil Riset Mahasiswa FT Uhamka, sekaligus menguji kemampuan mahasiswa FT Uhamka dalam mempertahankan skripsinya dihadapann penguji Luar Negeri, sehingga menumbuhkan kepercayaan diri para lulusan Fakultas Teknik Uhamka.” Ujarnya.

 

Diakhir Penjelasannya Sugema menuturkan bahwa Semua Upaya yang dilakukan oleh Fakultas Teknik Uhamka ini bertujuan untuk Kemajuan UHAMKA, semoga membawa berkah untuk seluruh sivitas akademika UHAMKA.

Bagikan Berita Ini

Komentar