• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

FKIP Uhamka Tingkatkan Mutu Perkuliahan Dengan Belajar Bersama Kampus Luar Negeri

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka merupakan cikal bakal dari UHAMKA.  Maka sebagai entitas utama dari UHAMKA, FKIP dituntut untuk menjadi lokomotif kemajuan yang saat ini memiliki 12 program studi.

 

Aktivitas pembelajaran di FKIP Uhamka seantiasa dinamis hal ini untuk meningkatkan mutu pembelajaran di UHAMKA khususnya di FKIP itu sendiri. Strategi yang digunakan oleh FKIP yaitu aktivitas perkuliahan dengan pengadaan  mata kuliah yang diampu secara tim, di antara mata kuliah yang dilakukan secara tim yaitu mata kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan yang ada di semua Program Studi.

 

Kali ini FKIP Uhamka adakan pertemuan perkuliahan dengan program Guest Lecture Exchange yang dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Desember 2020 melalui aplikasi Zoom bersama Associate Professor Dr. Raquel M Reapor, Dekan dari College of Development Education (CBSUA) dengan memberikan kuliah secara interaktif tentang Manajemen Berbasis Sekolah kepada 240 mahasiswa dan dosen di FKIP Uhamka dengan strategi yang pernah dipraktikan oleh FKIP Uhamka. 

 

Desvian Bandarsyah selaku dekan FKIP Uhamka mengungkapkan bahwa “kegiatan ini merupakan tonggak bagi FKIP Uhamka agar mahasiswa dan dosen senantiasa bersiap dengan perubahan. Karena itu, penguasaan bahasa menjadi penting dan interaksi antar Negara dalam bidang pendidikan menjadi suatu keniscayaan”. Ujarnya

 

Dalam kegiatan ini, mahasiswa FKIP Uhamka yang mengikuti kegiatan ini merasa senang karena memiliki wawasan yang baru dan berbeda, beberapa mahasiswa diminta untuk membacakan slide presentasi dari Dr. Reapor dan bertanya tentang materi yang disampaikan dan hal lainnya dari masalah pendidikan di Filipina.

 

Purnama Syaepurohman selaku Ketua Unit Kerjasama Uhamka mengungkapkan bahwa kegiatan ini membuka pengalaman baru bagi mahasiswa dalam menerima materi dari dosen luar negeri dan pengalaman baru bagi dosen FKIP Uhmaka dalam pengajaran kepada mahasiswa luar negeri.  

“kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa di lingkup Asia Tenggara. Kegiatan ini juga memotivasi para dosen FKIP Uhamka untuk bersiap going global, karena disrupsi di bidang pendidikan tinggi sudah tidak terelakkan,” ujarnya.

 

Dosen Uhamka yang mengajar di CBSUA Filipinayaitu Silih Warni, ia berbagi pengalaman pengajaran metode penelitian dengan mahasiswa S1 dan S2 di CBSUA, dan diharapkan dapat berlanjut di kegiatan join supervision thesis.

Bagikan Berita Ini

Komentar