• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Dosen dan Mahasiswa FIKES Uhamka Berkolaborasi dalam Kegiatan Edukasi Kesehatan melalui Webinar

Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau UHAMKA tuut berkolaborasi dalam menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk webinar pada hari Jum’at melalui online virtual zoom meeting (11/12/21).

 

Kegiatan yang dihadiri sebanyak 126 peserta yang terdiri dari guru dan karyawan SIT Darul Abidin ini berlangsung lancar atas kerja sama dosen FIKES sebagai narasumber, mahasiswa FIKES UHAMKA sebagai pendukung teknis kegiatan seminar, dan dukungan dari pihak Sekolah Islam Terpadu (SIT) Darul Abidin dalam membantu berlangsungnya kegiatan sesuai dengan target dan tujuan.

 

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terlaksana antara SIT Darul Abidin dengan FIKES UHAMKA. Semoga kerja sama ini akan terus berlanjut, terutama dalam kegiatan yang berhubungan dengan bidang kesehatan.” Tutur Gamal Iskandar Abidin selaku Direktur SIT.

 

Webinar ini mengambil tema Prevensi Awal dan Lanjutan Penyakit Degeneratif yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga Kesehatan (terlebih di masa Pandemi Covid-19) melalui pola makan yang seimbang agar dapat mencegah munculnya penyakit degenerative.

 

Ony Linda yang merupakan dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat sekaligus Dekan FIKES UHAMKA dan bertindak sebagai narasumber sesi pertama menyampaikan “saat ini Indonesia sedang berhadapan dengan triple burden, adanya peningkatan prevalensi penyakit degeneratif, disamping penyakit infeksi yang juga masih tinggi, dan ancaman penyakit infeksi baru. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan angka morbiditas dan mortalitas sehingga diperlukan upaya pencegahan yang tepat. Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan adalah melalui pengaturan pola makan yang tepat sesuai dengan kondisi seseorang dan mengikuti anjuran Pedoman Gizi Seimbang.”

 

Kemudian, dilanjutkan dengan sesi kedua yang disampaikan oleh Leni Sri Rahayu yang merupakan dosen Program Studi Gizi sekaligus sebagai Wakil Dekan 2 FIKES UHAMKA FIKES UHAMKA. Sesi ini membahas terkait Masalah kesehatan yang dihadapi saat ini.

 

Peserta yang hadir terlihat sangat antusias. Dibuktikan dengan keaktifan yang terjadi saat diskusi. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan berkaitan dengan pengaturan pola makan yang tepat sesuai dengan masalah kesehatan yang dialami peserta.

Bagikan Berita Ini