• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Dosen Uhamka, Turut Aktif Latih Remaja Desa Mekarsari dalam Pembawaan Acara

Desa Mekarsari adalah salah satu desa di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Desa ini termasuk desa yang sudah maju SDMnya, desa Mekarsari juga memiliki karang taruna aktif dalam beberapa kegiatannya. 

 

 

Kegiatan-kegiatan yang diadakan berjenis formal, semi formal hingga non formal. Pendidikan remaja karang taruna beraneka ragam ada yang SMP, SMA, dan tidak sedikit yang sudah perguruan tinggi. Remaja karang taruna desa Mekarsari belum memiliki keterampilan membawakan acara dan memahami protokol pewara. 

 

Membawakan acara dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta bagaimana membawakan acara yang sesuai dengan protokol belum mereka kuasai. Kondisi inilah yang membuat pengetahuan mereka tentang membawakan acara masih kurang. Berdasarkan kondisi tersebut, tim pengabdian masyarakat yang di ketuai oleh ibu Egi Nusivera dan beranggotakan ibu Indah Rahmayanti dari Uhamka melakukan pelatihan pembawa acara pada remaja karang taruna Desa Mekarsari. 

 

Pelatihan ini dilakukan dalam beberapa tahapan, yang pertama pada Senin, 21 Desember 2020 dengan di fasilitasi aula majelis taklim At Thahir, majelis taklim yang berada di Desa Mekarsari. Pada pelatihan ini diberikan materi terkait protokol acara, membawakan acara, menjadi pembawa acara dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

Pelatihan ini juga memberikan bantuan kepada para remaja yang terkena dampak pandemi Covid-19. Tahapan berikutnya adalah melihat kemajuan pada saat adanya acara majelis taklim Minggu, 4 Januari 2021 dan melihat simulasi pembawa acara dan mengarahkan pembuatan video pembawa acara serta melakukan wawancara terhadap audience acara untuk melihat sejauh mana keberhasilan membawakan acara remaja karang taruna.

 

Tahapan selanjutnya Minggu, 31 Januari 2021 dengan melakukan evaluasi pada video membawakan acara yang telah dihasilkan. Di Tengah pemberlakuan PSBB ini kami memberlakukan protokol Kesehatan juga saat melaksanakan acara pelatihan. 

 

Pelatihan ini ternyata membawa pengaruh sangat baik bagi perkembangan pengetahuan dan keterampilan remaja karang taruna Desa Mekarsari. Pelatihan ini menjadi sangat berguna demi kemajuan karang taruna Desa Mekarsari.

Bagikan Berita Ini

Komentar