• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Dosen FKIP Uhamka Berikan Pelatikan Kepada Guru di Masa Pandemi

Pandemi covid-19 belum kunjung berakhir pada tahun 2021 ini. Hal tersebut tentunya memberikan dampak khususnya pada pembelajaran di sekolah. Guru dituntut untuk dapat aktif dalam memanfaatkan aplikasi online untuk menunjang pemberian materi dan latihan soal pada LKPD dalam setiap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Oleh karena itu, Tim Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA yaitu Hella Jusra, Ayu Faradillah, dan Trisna Roy Pradipta mencoba untuk membantu guru-guru dalam menghadapi tuntutan tersebut dengan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi online dalam memberikan LKPD.

 

Aplikasi online yang digunakan adalah Edmodo dimana Edmodo dapat diakses melalui berbagai gadget seperti laptop ataupun smartphone. Sebelum kegiatan pelatihan ini dimulai, seluruh guru yang menjadi peserta telah diberikan modul penggunaan Edmodo yang dibuat oleh Ayu Faradillah. Dimana melalui modul tersebut, para guru dapat mencoba dan bereksplorasi untuk membuat bahan ajar melalui Edmodo secara berulang dimanapun dan kapanpun.

 

Kegiatan ini dipandu oleh dosen pendidikan matematika sebagai host yaitu Windia Hadi. Pada pembukaan kegiatan ini, Hella Jusra menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan kerja sama yang diberikan oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Cariu untuk memberikan pelatihan penggunakan aplikasi online yaitu Edmodo dalam memberikan LKPD. Selanjutnya, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Cariu yaitu Mu’min Hidayat juga menyampaikan sambutannya dengan mengungkapkan ucapan terima kasih atas kepedulian Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Matematika UHAMKA kepada rekan-rekan guru di Cariu. Ia pun menambahkan bahwa dosen-dosen UHAMKA sangat membantu guru-guru dalam mengembangkan pengetahuannya dalam menghadapi PJJ ini, khususnya dalam memberikan variasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi online.  

 

Penyampaian materi disampaikan oleh Trisna Roy Pradipta selaku narasumber. Adapun materi-materi yang disampaikan berupa pengenalan tampilan dan feature-feature Edmodo, cara memberikan akses link dari berbagai sumber (google, youtube atau lainnya) sebagai materi ajar, pembuatan kelas, pembuatan dan pemberian tugas, dan pembuatan dan pemberian kuis melalui Edmodo. Penyampaian materi diberikan secara diskusi terbuka dimana dalam proses penyampaian materi, peserta atau guru diperbolehkan untuk langsung bertanya jika dalam prateknya mengalami kendala.

 

Sebagai luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, seluruh guru diminta untuk membuat kelas dan LKPD sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Pada akhir kegiatan, seluruh guru diberikan lembar evaluasi dimana berisi tentang kesan dan pesan untuk kegiatan yang telah dilaksanakan. Jubaedah Puspita Dewi salah satu guru di SMK Muhammadiyah Cariu mengatakan bahwa “pelatihan ini sangat membantu, jika diperbolehkan saya berharap pelatihan ini bisa dilaksanakan secara offline”. Selanjutnya Eneng Liawati mengatakan “Saya berharap kegiatan pelatihan ini lebih sering diadakan khususnya untuk kami guru-guru didaerah agar pengetahuan terhadap aplikasi-aplikasi online lebih berkembang”.

Bagikan Berita Ini

Komentar