• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Dosen FFS Uhamka Bekerjasama dengan LPPM Uhamka Latih Masyarakat Margahayu dalam Pembuatan Hansanitizer

Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Uhamka bersama mahasiswa laksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) atas kerjasama dengan LPPM Uhamka yang dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat karena memang pelaksaannya saat masa pendemi.

 

 

 

Tim PKM dari FFS UHAMKA diketuai oleh Ari Widayanti, Hadi Sunaryo, dan dibantu beberapa dosen farmasi diantaranya adalah Hariyanti dan Sri Nevi Gantini mengisi materi sosialisasi DaGuSiBu (Dapatkan Dunakan Simpan dan Buang) obat dengan benar dan workshop pembuatan Handsanitizer bahan alami Green Tea.

 

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh warga masyarakat Margahayu diantaranya tim PKK, tim Posyandu, karang taruna dan para staff kelurahan Margahayu yang dibuka oleh Lurah Margahayu Ibu Siti Sopiah. Acara ini juga dihadiri oleh ketua PK2M UHAMKA ibu Desak Made, karena kelurahan Margahayu merupakan Desa Binaan FFS UHAMKA dalam Program PHP2D yang diperoleh oleh mahasiswa FFS UHAMKA.

 

Acara sosialisasi diawali dengan pretest, hal ini dilakukan supaya mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta. Sosialisasi DaGuSiBu disampaikan oleh Ari Widayanti. Materi ini berisi tentang cara mendapatkan, bagaimana menggunakan, bagaimana cara menyimpan, dan bagaimana cara membuang obat dengan benar. Pada sesi ini peserta merasa antusias yang begitu besar karena ternyata banyak peserta banyak yang belum mengetahui tentang hal ini. Hal ini terlihat pada sesi tanya jawab yang disiapkan, banyak peserta yang bertanya seputar penggunaan obat.

 

Pada kesempatan workshop Handsanitizer disampaikan oleh Hariyanti kepada peserta untuk dilatih cara membuat handsanitizer menggunakan bahan alami dan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Harapannya adalah pada masa pandemi ini masyarakat mampu membuat Handsanitizer sendiri. Handsanitizer yang dibuat diserahkan kepada para peserta baik PKK, Posyandu, dan anak karang taruna.

 

Pada akhir sesi diberikan posttest untuk melihat apakah setelah sosialisasi para peserta memahami isi dari penyuluhan dan workshop. Semoga PKM ini dapat menambah pengetahuan masyarakat dalam pemahaman tentang obat dan pembuatan Handsanitizer.

 

Ari Widayanti selaku Ketua, mengungkapkan bahwa "kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan bentuk kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh tiap dosen khususnya dosen FFS Uhamka guna untuk mendapatkan manfaat dari dosen sebagai pelaksana kegiatan," tuturnya. 

Bagikan Berita Ini

Komentar