• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Dosen FEB Uhamka Tingkatkan Kesejahteraan Warga Desa Cibitung Tengah RT 12 dengan Budi Daya Ikan Lele

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bekerja sama dengan masyarakat di Cibitung Tengah. Dalam hal ini, Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka yaitu Zulfahmi, Sumardi, dan Abdul Latif dari FKIP Uhamka bekerja sama dengan Bapak RT 12 sebagai pelaksana pelatihan budi daya ikan lele secara daring melalui zoom meeting yang diikuti oleh masyarakat Rt 12, Cibitung Tengah, Tenjolaya, Kabupaten Bogor.  Sabtu (02/01)

 

 

Dalam kegiatan ini, Dosen bukan hanya memberikan pelatihan budi daya ikan lele saja melainkan juga memberikan benih lele dan ember kepada masyarakat agar langsung mempraktikkan budi daya ikan lele dalam menghadapi pandemik Covid-19 saat ini.

 

Abdul Latif selaku pemateri menyatakan bahwa "budi daya lele dalam ember dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan ekonomi masyarakat saat pandemik Covid-19. Tidak hanya itu, lele dapat dikonsumsi sendiri guna meningkatkan kesehatan masyarakat," ujarnya.

 

Zulfahmi selaku dekan FEB, dalam sambutannya merasa bersyukur karena dosen dilingkungan FEB Uhamka dapat bergerak memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat Desa Cibitung RT 12 untuk dapat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yg harus dilakukan di setiap tahunnya.

 

Selanjutnya, Sumardi selaku dosen FEB Uhamka sekaligus ketua pelaksana PKM menyatakan bahwa kegiatan PKM ini merupakan wujud kepedulian dosen yang dilaksanakan langsung kepada masyarakat. Dalam hal ini, kegiatan yang dilaksanakan adalah praktik budi daya ikan lele dengan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Cibitung Tengah RT 12 dalam meningkatkan kesejahteraan di masa pandemi Covid-19 ini.

 

Masyarakat yang mengikuti kegiatan ini merasa sedang dan bahagia karena telah mendapatkan edukasi pelatihan beserta mendapatkan bibit ikan lele beserta ember berukuran 80 liter sebagai bentuk kepedulian dan dukungan dari Uhamka terhadap masyarakat yang terdampak pandemik Covid-19. Pelatihan tersebut berjalan secara tertib dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan handsanitaizer.

 

Muhaimin selaku Ketua RT 12 mengatakan bahwa “kami merasa bahagia dan senang atas kerjasama kegiatan ini bersama Uhamka dalam  meningkatkan kesejahteraan warga kami, kami berharap kegiatan ini mendapatkan tindak lanjut untuk pemberdayaan secara berkelanjutan,” ujarnya

Bagikan Berita Ini