• humas@uhamka.ac.id
  • +62217394451
News Photo

Dosen Biologi FKIP Uhamka Mengadakan Edukasi Sayuran Sebagai Upaya Ketahanan Rumah Tangga

Keberlangsungan masa Pandemi akibat penyebaran Covid-19 yang sudah terjadi selama lebih dari satu tahun memberikan dampak pada banyak sektor kehidupan di Indonesia.

 

 

Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pulau Jawa dan Bali memberikan dampak besar terhadap penghasilan pada beberapa pekerjaan tertentu salah satunya pedagang keliling.  Oleh karena itu, dosen Program Studi Pendidikan Biologi bekerjasama dengan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) UHAMKA memberikan pelatihan berkebun khususnya untuk komoditi sayuran dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang dilaksanakan di Desa Karangreja, Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi.

 

Pelatihan dimulai dengan pemberian pengetahuan serta manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan berkebun oleh Maesaroh, M.Pd., selaku dosen prodi Pendidikan Biologi FKIP Uhamka. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan teknis berkebun dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan interaksi melalui forum tanya jawab dan diakhiri dengan sesi wawancara dibantu oleh mahasiswa Muhammad Al Ayubi dan Widia Anggraeni untuk mengetahui minat dan ketertarikan peserta terhadap kegiatan berkebun. Sebelum kegiatan penutup, para peserta diberikan bibit tanaman sayuran yang telah dipersiapkan oleh panitia. 

 

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat berdampak pada peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta terhadap kegiatan berkebun di pekarangan rumah. Lebih lanjut lagi, para peserta dapat memanfaatkannya untuk peningkatan ketahanan pangan keluarga di masa sulit.

Bagikan Berita Ini

Komentar