Bersama 1.614 Ilmuwan Muda, UHAMKA Beradu Gagasan pada Pimnas ke-32 di Bali

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 Tahun 2019 resmi dibuka Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Badung, Bali, Selasa (27/8/2019). Peserta Pimnas ke-32 tahun ini merupakan jumlah peserta terbesar dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 1.614 mahasiswa dan 460 dosen pendamping dari 70 perguruan tinggi negeri dan 56 perguruan tinggi swasta seluruh Indonesia. Mereka terbagi dalam 460 tim terpilih dari Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai tahun 2019 sebanyak 3.621 Proposal.

melalui Pimnas ini dapat hadir karya-karya inovasi mahasiswa yang lebih kreatif, baik dalam bidang teknologi, sains, sosial, humaniora maupun dalam bidang-bidang lain sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat pada umumnya.

Pada kesempatan ini, didampingi oleh Made Dharmawati, S.Pd., MM. selaku ketua Pusat Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta (PTS) yang mewakili kontingen DKI Jakarta dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 tahun 2019. Pada kesempatan tersebut tim dari UHAMKA mengirim 1 kelompok. Selain UHAMKA, kontingen DKI Jakarta diwakili juga oleh Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Pada PIMNAS ke-32, UHAMKA masuk dalam 1 kelompok pada skema program kreativiitas mahasiswa kewirausahaan (PKMK). Ditunjuk sebagai ketua kelompok adalah Farah Andrewsi Salni. Sedang anggota tim lainnya Putri Adrianti, Sukma Pratiwi, Mozza Rizke Tasha dan Rizqe Rahmatiya. Mereka berasal dari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Adapun agenda utama dari PIMNAS adalah presentasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) lima bidang, PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), serta Lomba Poster dan Gelar Produk PKM. Dalam PIMNAS kali ini juga diisi dengan agenda ilmiah penunjang, antara lain Studium General, Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi bidang Kemahasiswaan, Lomba Pimnas Non-PKM, SMA Goes to Campus , Bazaar dan PKM Investment Summit, Keakraban dan Aksi Peduli Lingkungan serta Wisata Kota.

Leave a Reply