UHAMKA GELAR SEMINAR BETEMA PERANGI RADIKALISME

Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA (UHAMKA) memberikan edukasi melalui seminar bertema cegah radikalisme, ciptakan Indonesia Berkemajuan.  Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mencegah radikalisme yang terjadi ditanah air.

Hadir sebagai narasumber Brigjen Pol Ir. Hamli, ME selaku Direktur Pencegahan BNPT RI yang membahas tentang radikalisme dan upaya pencegahanya yang terjadi di Perguruan Tinggi dan hadir Sekretaris PP Muhammadiyah Dr Abduk Mu’ti yang membahas mengenai konsep Moderasi sebagai Identitas Islam Rahmatan Lil’alamin.

Wakil Rektor III UHAMKA Bunyamin menyampaikan pada sambutanya ketidaksetujuan terhadap anggapan bahwa perguruan tinggi menjadi sarang berkembangnya paham radikalisme. Menurutnya, perguruan tinggi memiliki komitmen dalam mencegah radikalisme. Salah satu upaya dalam mencegah radikalisme adalah dengan menjalin kerjasama strategi dengan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT). Kerjasama tersebut dlakukan secara intensif dan tentunya berkelanjutan guna menangkal isu radikalisme dilingkungan perguruan tinggi.

Menurutnya radikalisme, anarkisme atau kekerasan  yang berlatarkan agama cenderung terus meningkat  yang berakibat memunculkan konflik yang terus merebak.

Peningkatan radikalisme di Indonesia tersebut cenderung disandarkan pada faham keagamaan khususnya pada agama Islam, namun sumbu radikalisme sendiri bisa lahir dari sektor mana saja seperti ekonomi, politik, sosial dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, sistem radikalisme berujung pada terorisme mejadi masalah penting khususnya bagi umat islam. Berbagai aksi terror dan pengeboman tentunya telah menyebabkan penyalahgunaan pemahaman terhadap umat islam sendiri.

Peran berbagi pihak dalam mengatasi berkembangnya faham radikal di Indonesia sangat diharapkan, bukan hanya pemerintah melainkan juga berbagai perguruan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACK