UHAMKA CHOIR TAMPIL SPEKTAKULER DI AJANG BERGENGSI DUNIA

Alhamdulillah, berkat perjuangan dari segala proses yang telah dilakukan UHAMKA Choir membuahkan hasil yang sangat membanggakan, selain mengharumkan nama UHAMKA sendiri, namun juga mengharumkan nama Indonesia. Perjuangan dalam ajang ‘’ Open Grand Prix Champions Competition, Asia Pacific Choir Games of Nations Colombo 2017 “ menghasilkan prestasi yang sangat luar biasa. Ini terbukti UHAMKA CHOIR (UC) berhasil meraih empat medali, pada babak Open Competition mendapatkan dua buah golden diploma dan dua gold medal pada babak Champion Competition untuk kategori Adult Mixed Choir dan Folkore Acapella. Acara ini di selenggarakan di Kolombo, Sri Lanka 21 s/d 24 Oktober 2017.

Acara yang diikuti oleh 73 kelompok paduan suara dari berbagai Negara di Asia, diantaranya adalah Sri Lanka, India, Iran, China, Thailand dll. Termasuk diikuti oleh Negara dari Eropa seperti Latvia, Kroasia dan Rusia. Persaingan ketat bagi seluruh peserta karena selain dari masing-masing negara  menampilkan  yang terbaik, jurinya pun térdiri  dari juri yg handal  dari berbagai Negara seperti  Norway, Vietnam, Great Britain, Sri Lanka, Singapore, India, Thailand, China, Netherlands, Malaysia, Philippines, dan Indonesia, tentunya dengan standar penilaian tinggi.

Dari 10 kategori lomba yang diikuti, UHAMKA CHOIR berpartisipasi dalam kategori “Folkore Acapella dan Adult Mixed Choirs”

Persaingan kompetisi tingkat Internasional ini tentunya menampilkan yang terbaik dari masing-masing kelompoknya, namun hal ini membuat teman-teman UHAMKA meningkatkan semangat untuk tetap berjuang. Persiapan dan latihan yg dilakukan selama kurang lebih 8 bulan ini, kami lakukan secara intensif dan maksimal, saya lihat teman-teman UC sangat disiplin dalam berlatih, motivasi mereka sungguh luar biasa, ungkap Mohammad Charles, conductor UC yang telah bergabung melatih  selama hampir 9 tahun terakhir.

UC menampilkan masing-masing 3 lagu pada 2 kategori yang diikuti.

Pada kategori Folklore a cappela, UC menampilkan 3 lagu tradisional Indonesia yaitu ‘Benggong’ (Manggarai, Flores),  Hela Rotan (Maluku) keduanya arransemen Ken Steven dan juga lagu ‘Ma Rencong Rencong’

(Bugis) arr. Budi Susanto Yohannes.

Pada kategori Adult Mixed Choirs, UC menampilkan ‘Sholawat’ arr. Asep Aryanto, ‘Drei geistliche Gesànge op. 69 Nr. 3 Abendlied’ (Josep Gabriel Rheinberger),  dan lagu berbahasa Spanyol ‘El guayaboso’  (Guido Lòpez – Gavilàn).

‘Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan baik moril maupun spirituil terutama sivitas akademika UHAMKA dan stakelholder, prestasi ini tentunya merupakan bentuk apresiasi kepada mahasiswa untuk bisa mengembangkan bakat dan minat mereka sesuai dengan  minatnya, dan UHAMKA memfasilitasi bagi mahasiswa dalam bidang non akademik, ungkap Rektor UHAMKA, Prof. Dr. H. Suyatno M.Pd.

Dukungan,  kepercayaan, dan motivasi  bagi capaian prestasi mahasiswa, senantiasa dimotivasi dan diarahkan agar mahasiswa dapat berprestasi  baik secara akademik dan non akademik, hal ini disampaikan Wakil Rektor III UHAMKA Dr. Bunyamin, M.Pd., yang turut mendampingi tim UHAMKA Choir selama di Colombo.

Universitas akan memberikan penghargaan kepada setiap mahasiswa yg berprestasi seperti yang telah diatur dalam ketentuan UHAMKA.’ lanjut Bunyamin.

Prestasi ini menjadi penghargaan yg  membanggakan sekaligus menambah daftar perolehan medali internasional bagi UC.

Di tahun 2015 UC mendapat 2 medali emas pada 2 kategori  yg diikuti dalam acara 10th Grand Prix International Festival Choir Pattaya – Thailand.

Dengan capaian kali ini UHAMKA Choir bukan saja membanggakan bagi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), tapi juga mengharumkan nama Indonesia.

(humas@uhamka.ac.id)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACK