KULIAH UMUM PROF. SRI EDI SUASONO DI FEB UHAMKA

Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan. Sebagaimana yang disampaikan oleh Prof. Edi Suasono Guru Besar Universitas Indonesia yang merupakan keluarga dari Bung Hatta  pada kuliah umum yang dilaksanakan Rabu, 18 Oktober 2017 kemarin di Kampus Fakultas ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

Tema yang diangkat adalah “ Ekonomi Syariah dan Ekonomi Konstitusi, sejalankah ? ”

“Azas kekeluargaan adalah azad ukhuwah, harta tidak boleh berputar pada orang kaya”

Dalam penjelasanya, jika ekonomi konstitusi kita mengemban pada ekonomi islam, disusun itu artinya diatur oleh negara, harus ditata mengarah pada usaha bersama sesuai usaha jamaah. Cabang cabang yang penting dikuasi negara, karena negara yang harus mengatur contohnya pada kasus garam, dimana hasil dari SDA bumi kita harus diatur oleh negara, karena hal demikian untuk menghindari impor. Hal yang terpenting juga untuk menjadi pengusaha jangan sampai menjual negara,karena ini berdampak untuk kemakmuran rakyat.

Dalam penyampainya, sebagai bangsa Indonesia, kita harus bangga dengan produk negara kita, dan kita wajb mempelajari ekonomi konstitusi yang di atur pada UUD pasal 33, dimana hal itu juga sesuai dengan salah satu surat Al-Quran yaitu Al Hasr ayat 7 mengandung makna janganlah harta berputar pada orang kaya saja. Jelas ini merupakan yang terkandung pada ayat suci Al Quran, jadi ekonomi konstitusi sesuai dengan ekonomi syariah.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACK