Profil UHAMKA
Follow Us
INFO PENDAFTARAN
Awards
Statistik Pengunjung

Terhitung Sejak 04-01-2017



Magister Administrasi Pendidikan

Ketua Program Studi: Anen Tumanggung, Ph.D.

Sekretaris Program Studi : Dr. Ir. Hamid Al Jufri, MM, M.Kom.

 

V i s i

Menjadi Program Studi Administrasi Pendidikan yang utama di tingkat nasional dalam mutu akademik dengan menghasilkan pemimpin pendidikan berdaya saing tinggi dan unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial pada tahun 2017.

 

M i s i

  1. Menyelenggarakan pendidikan Administrasi Pendidikan yang berwawasan perkembangan ke depan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan Administrasi Pendidikan yang cerdas, intelek, dan islami.
  3. Menyelenggarakan pendidikan Administrasi Pendidikan yang menghasilkan pemimpin pendidikan berjiwa entrepreneurship dan berdasarkan akhlaqul karimah.
  4. Menyelenggarakan penelitian dan mengembangkan ilmu Administrasi Pendidikan.
  5. Melaksanakan kegiatan pemberdayaan dan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan keilmuan terutama di bidang administrasi pendidikan.
  6. Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan kemuhammaiyahan dalam pengembangan ilmu terutama bidang administrasi pendidikan menuju keluhuran akhlak dan kematangan profesional.

 

Tujuan

Program Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana (SPs) UHAMKA dirancang untuk mendidik professional spesialis yang mempunyai kompetensi sebagaiberikut:

  1. Pemimpin Pendidikan
  2. Dosen/Fasilitator
  3. Administrasi Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah serta Pendidikan Tinggi
  4. Penilik Sekolah/Madrasah
  5. Kepala Sekolah/Madrasah
  6. Peneliti dan Evaluator Pendidikan
  7. Human Resources Development Director
  8. Pemimpin Lembaga Pendidikan
  9. Pembaharuan di bidang Pendidikan

 

KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN

 

  • KOMPETENSI UTAMA

Memiliki kompetensi yang tangguh dan mampu bersaing di bidang Administrasi Pendidikan”dengan kriteria sebagai berikut :

  1. menguasai dasar-dasar teori dan praktik dalam mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah;
  2. mampu mengaplikasikan kepemimpinan pendidikan yang islami di lingkungan yang dihadapi;
  3. mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang;
  4. mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi program pengembangan sumber daya adminstratif kependidikan;

 

  • KOMPETENSI PENDUKUNG
  1. Memiliki kemampuan IT (tidak gaptek informasi)
  2. Memiliki kemampuan komunikasi dalam bahasa inggris;
  3. Memiliki kemampuan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi research di bidang administrasi pendidikan.

 

  • KOMPETENSI LAINNYA (SOFT SKILL)
  1. kemampuan beradaptasi
  2. kemampuan bersaing dan bekerjasama
  3. kemampuan memecahkan masalah
  4. kemampuan memimpin
  5. kemampuan berkomunikasi
  6. kemampuan menganalisis
  7. kemampuan mempengaruhi orang lain
  8. kemampuan berinovasi

 

DISTRIBUSI MATA KULIAH

 

SEMESTER I

No Kode MK MATA KULIAH sks
1 100080301 FilsafatSainsdanTeknologi 2
2 300080302 Statistika*) 3
3 300080301 MetodologiPenelitian*) 3
4 300080303 PsikologiPendidikan 3
5 100080304 Aplikasi Komputer 0
J u m l a h 11

 

SEMESTER II

No Kode MK MATA KULIAH sks
1 100080303 Filsafat Kemuhammadiyahan 2
2 200080301 Landasan Ilmu Pendidikan 3
3 200080302 Sistem Informasi Manajemen Pendidikan *) 3
4 200080303 Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan 3
5 200080305 KepemimpinanPendidikan *) 3
J u m l a h 14

 

SEMESTER III

No
Kode MK
MATA KULIAH sks
1 200080304 Evaluasi Program Pendidikan *) 3
2 200080306 ManajemenKeuanganPendidikan *) 3
3 300080304 PengembanganKurikulum 3
4 300080305 Manajemen Pendidikan *) 3
J u m l a h 12

 

SEMESTER IV

No Kode MK MATA KULIAH sks
1 200080307 Seminar Proposal Tesis 2
2 300080306 Tesis 4
J u m l a h 6
T o t a l 43

*) Ujian Kendali Mutu (UKM)