Profil UHAMKA
Follow Us
INFO PENDAFTARAN
Awards
Statistik Pengunjung

Terhitung Sejak 04-01-2017



Teknik Elektro

PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO

Ketua Program Studi : Oktarina Heriyani, S.Si., MT.

                                                                

VISI

Menjadi Program Studi yang terkemuka di Wilayah DKI Jakarta pada Tahun 2020 dalam menghasilkan lulusan Teknik Elektro yang unggul di bidang Telekomunikasi, serta memiliki kecerdasan spritual, intelektual, emosional, dan sosial.

MISI

Lima pilar misi UHAMKA menjadi inspirasi rumusan misi FT UHAMKA yang dijadikan dasar perumusan misi Program Studi Teknik Elektro yang merupakan aspirasi dan komitmen bersama, yaitu

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang Teknik Elektro dengan prinsip belajar sepanjang hayat, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pembinaan nilai – nilai Islam.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang Teknik Elektro yang transparan, inovatif, berkualitas, dan akuntabel dengan kurikulum berbasis kompetensi yang dijiwai oleh nilai – nilai Islam yang dapat menjawab tantangan di era global.
  3. Menjadikan penelitian, pengabdian, dan pemberdayaan masyarakat sebagai penggerak kegiatan dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro untuk lebih berkembang dan siap berkompetisi.
  4. Menjadikan jurnal ilmiah di Fakultas Teknik sebagai sarana publikasi karya – karya penelitian Program Studi Teknik Elektro dan kerjasama dengan mitra Program Studi Teknik Elektro di luar lingkungan UHAMKA dalam hal tukar menukar informasi karya ilmiah.
  5. Membangun kader Muhammadiyah yang menguasai interprenership, berjiwa wirausaha, dan mampu berkompetisi di bidang Teknik Elektro.
  6. Menyelenggarakan pembinaan untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari – hari berdasarkan Al Qur’an dan As Sunah.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan bidang Teknik Elektro yang mampu meng-update kemampuan diri dengan mengembangkan ilmunya di dunia kerja.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia di bidang Teknik Elektro yang cerdas, kompetitif, dan berjiwa wirausaha yang berpegang kepada nilai – nilai Islam.
  3. Menghasilkan sistem pendidikan yang transparan, inovatif, berkualitas, dan akuntabel.
  4. Menghasilkan lulusan bidang Teknik Elektro yang mampu berkompetisi, memimpin umat, dan menciptakan lapangan kerja di bidang Teknik Elektro.
  5. Menghasilkan kader intelektual di bidang Teknik Elektro yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia dengan ikhlas demi terwujudnya masyarakat yang diridhoi Allah SWT.
  6. Menghasilkan kader Persyarikatan dan kader bangsa di bidang Teknik Elektro sebagai penggerak da’wah amal ma’ruf nahi munkar dan berpedoman kepada Al Qur’an dan As Sunnah.

 

SASARAN

  1. Mampu menyelesaikan studi tepat waktu minimal 25%.
  2. Meningkatkan mutu dan relevansi Program Studi Teknik Elektro dengan titik berat pada pendidikan dan latihan yang memberi kontribusi pengembangan tenaga kerja yang terampil, mampu bekerjasama, dan mampu mengikuti perkembangan teknologi telekomunikasi berdasarkan nilai – nilai keislaman

 

KOMPETENSI LULUSAN

  1. Kompetensi Utama
    1. Menguasai aplikasi matematika dan fisika untuk analisis di bidang Teknik Elektro dengan subtansi kajian antara lain matematika, numerik, statistik, dan medan elektromagnetik.
    2. Menguasai pengantar ilmu pengetahuan, teknologi (khususnya Teknik Elektro), seni, lingkungan, dan agama.
    3. Mampu melaksanakan percobaan sistem elektro dalam laboratorium dengan minimal memiliki laboratorium pengukuran dan instrumentasi besaran listrik, rangkaian listrik, dasar elektronika, dasar sistem digital, dan pemograman komputer.
    4. Mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui eksplorasi lapangan.
    5. Mampu menyelesaikan tugas akhir.
    6. Menguasai konsep dasar dan mampu menganalisis gejala dalam rangkaian listrik dan elektronika; pemrograman komputer dan sistem digital; sistem konversi elektro mekanika dan energi; sistem telekomunikasi; dan sistem kendali.

 

  1. Kompetensi Pendukung
  1. Menguasai konsep dan pengembangan serta aplikasi antenna dan propagasi, sistem jaringan dan dan rekayasa trafik, sistem komunikasi digital, dan pengolahan sinyal digital.
  2. Mampu memahami dan mengamalkan ibadah praktis, membaca Al Quran dengan tajwid dan mahroj yang benar.
  3. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris.
  4. Memiliki kemampuan dalam merancang program kewirausahaan, bekerja mandiri dalam bidang Teknik Elektro.
  5. Mampu menggunakan bahasa – bahasa pemograman yang umum digunakan dalam dunia engineering.

 

  1. Kompetensi Lainnya (Soft Skill)
  1. Mampu berdakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar terhadap diri sendiri, keluarga, umat, dan bangsa berdasarkan Al Quran dan As Sunnah melalui persyarikatan Muhammadiyah.
  2. Mampu terlibat dalam kehidupan sosial bermasyarakat berdasarkan Pancasila.
  3. Memiliki jiwa kepemimpinan, peneliti, dan enterprener serta mampu bersaing di era global.

 

PROFIL LULUSAN

 

  1. Fresh Electrical Engineer

Lulusan Teknik Elektro yang menguasai keterampilan, mampu mendeskripsikan dan menganalisis masalah serta mampu melakukan pengawasan dan maintenance  di bidang Teknik Elektro.

  1. Konsultan Pemula Teknik Elektro

Lulusan Teknik Elektro yang mampu memilih, memanfaatkan, menganalisa masalah dan memberikan pertimbangan, serta mengambil keputusan di bidang Teknik Elektro.

  1. Peneliti Pemula Teknik Elektro

Lulusan Teknik Elektro yang menguasai konsep teoritis baik  secara umum maupun khusus, terampil menggunakan alat instrumentasi dan pengukuran serta mampu melaksanakan riset dengan kaidah – kaidah ilmiah untuk menciptakan inovasi – inovasi dan mengembangkan keilmuwan di bidang Teknik Elektro.

  1. Enterpreneur

Lulusan Teknik Elektro yang mampu membuat produk kreatiif yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan mampu memanfaatkan teknik pemasaran dalam memasarkan produk – produk di bidang Teknik Elektro.

  1. Calon Dosen Teknik Elektro

Lulusan Teknik Elektro yang menguasai konsep teoritis baik secara umum maupun khusus untuk mengembangkan ilmu Teknik Elektro, mampu belajar dalam kondisi apapun untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan mampu melaksanakan riset dengan kaidah – kaidah ilmiah di bidang Teknik Elektro.

  1. Sales Engineering Teknik Elektro

Lulusan Teknik Elektro yang menguasai spesifik produk – produk di bidang Teknik Elektro, mampu memberikan informasinya secara lengkap kepada customer, dan menguasai strategi pemasarannya.