Profil UHAMKA
Follow Us
INFO PENDAFTARAN
Awards
Statistik Pengunjung

Terhitung Sejak 04-01-2017



Psikologi

Ketua Program Studi : Subhan El Hafiz, S.Psi., M.Psi

 

Visi Program Studi Psikologi

Visi Program Studi Psikologi UHAMKA adalah menjadi pusat keilmuwan yang mengintegrasikan Psikologi dengan nilai Islam dan menghasilkan lulusan yang unggul secara sipiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

Misi Program Studi Psikologi

  1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi yang terintegrasi dengan nilai Islam.
  2. Melakukan penelitian di bidang Psikologi yang mengintegrasikan nilai Islam dengan pengembangan ilmu dan pengabdian masyarakat.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan basis penelitian dan pengembangan keilmuan.
  4. Meningkatkan mutu SDM pengelola yang memiliki integritas, berbudi pekerti, professional, dan memiliki karakter sebagai pendidik.
  5. Meningkatkan sarana dan prasarana proses pembelajaran yang modern untuk terciptanya suasana akademis dan menunjang tercapainya lulusan Psikologi berkarakter unggul.
  6. Menjadi pusat dakwah dalam rangka pembedardayaan umat

Tujuan Program Studi Psikologi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki profil sebagai komunikator nilai Islam, ilmuwan Psikologi, konsultan SDM dalam bidang pendidikan, sosial, serta industri dan organisasi, konselor, dan entrepreneur.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan aktivitas sosial kemasyarakatan/ pengabdian masyarakat yang mengintegrasikan nilai Islam dan Psikologi.
  3. Menghasilkan pengelola program studi (dosen dan karyawan) yang berintegritas tinggi, berbudi pekerti yang luhur, memiliki profesionalisme yang baik, serta berkarakter sebagai pendidik.
  4. Menghasilkan suasana akademis kondusif yang didukung oleh sarana dan prasarana yang modern untuk menciptakan lulusan yang berkarakter unggul.

PROFIL LULUSAN

  1. Komunikator nilai Islam

Lulusan Psikologi UHAMKA merupakan individu yang mampu menyampaikan pesan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menjalankan profesinya, baik melalui perbuatan, perkataan, maupun tulisan.

  1. Ilmuwan Psikologi

Lulusan psikologi UHAMKA merupakan individu yang mampu melakukan penelitian dan mengembangkan konsep-konsep keilmuannya.

  1. Konsultan SDM dalam bidang pendidikan, sosial, dan industri-organisasi

Lulusan psikologi UHAMKA merupakan individu yang mampu mengidentifikasi dan menganalisis persoalan SDM, dan mengoptimalkan potensi SDM dalam menjalankan tugas profesinya, baik di bidang pendidikan, sosial mapun industri-organisasi.

  1. Konselor

Lulusan psikologi UHAMKA menjadi individu yang mampu membantu individu lain dalam menyelesaikan persoalan psikologis kehidupan yang dihadapinya.

  1. Enterpreneur

Lulusan psikologi UHAMKA merupakani individu yang mampu mengembangkan diri sebagai wirausaha dalam berbagai aspek yang berhubungan dengan psikologi.

KURIKULUM

Kurikulum Program Studi Psikologi UHAMKA disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dengan tujuan untuk lebih mendekatkan kualifikasi lulusan Program Studi Psikologi UHAMKA dengan kebutuhan kalangan pengguna dan stakeholder. Beban SKS yang perlu diambil mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan adalah 146– 148 sks.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME)

  1. Memiliki kemampuan menggunakan metode psikologi komunikasi melalui berbagai media untuk menyampaikan wawasan keislamannya. Menguasai konsep perilaku manusia dalam perspektif Islam, ilmu komunikasi dan mampu menerapkannya untuk menyampaikan wawasan keislamannya. Mampu mengembangkan potensi individu dengan berlandaskan wawasan keislamannya berdasarkan analisa kebutuhan dilapangan. Bertanggungjawab terhadap materi dan strategi komunikasi baik yang dilakukan sendiri mapupun atas nama organisasi.
  2. Memiliki kemampuan menggunakan metode penelitian, analisa statistik, teknik penulisan karya ilmiah yang disesuaikan dengan masalah penelitian psikologi. Menguasai konsep dasar psikologi, perkembangan, kepribadian, konsep Islam yang berkaitan dengan psikologi, biopsikologi serta dapat menjelaskan fenomena perilaku manusia berdasarkan kajian keilmuannya. Mampu merumuskan penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisa terhadap data penelitian dan memberikan rekomendasi dari alternatif yang sesuai. Bertanggungjawab terhadap hasil kajian ilmiah yang dilakukan sendiri atau mewakili institusi.
  3. Memiliki kemampuan memanfaatkan teknik intervensi non-klinis, pelatihan, manajemen SDM dan disesuaikan dengan bidang industri/ organisasi, pendidikan, dan sosial-budaya. Menguasai konsep psikologi perkembangan, prinsip belajar dan perubahan perilaku, dan manajemen SDM yang bertujuan untuk membantu optimalisasi potensi individu dalam konteks sosial, pendidikan, dan Industri. Mampu menentukan kebutuhan optimalisasi potensi berdasarkan hasil assesmen dan memberikan rekomendasi yang diperlukan untuk pengembangan SDM. Bertanggungjawab pada aktifitas pengembangan SDM baik yang dilakukan sendiri maupun atas nama organisasi/ kelompok sesuai dengan landasan moral profesi.
  4. Memiliki kemampuan menggunakan teknik konseling dan menyesuaikan pendekatannya sesuai kondisi klien. Menguasai dasar-dasar konseling dan memahami secara mendalam konsep kepribadian manusia serta mampu merancang intervensi non-klinis. Mampu menentukan pendekatan dalam intervensi non-klinis berdasarkan assesment psikologis dan mendorong klien untuk memecahkan masalahnya sesuai dengan alternatif yang sudah ada. Bertanggungjawab pada aktifitas konseling baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan atas nama organisasi sesuai dengan landasan moral profesi.
  5. Memiliki kemampuan memanfaatkan teknik pemasaran dan pembuatan produk kreatif dalam bidang psikologi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat/ pasar. Menguasai konsep kreatif, perilaku konsumen, dan psikologi kewirausahaan serta mampu melakukan aktifitas kewirausahaan dalam bidang psikologi. Mampu menentukan jenis dan strategi produksi dan strategi marketing berdasarkan analisa pasar. Bertanggungjawab terhadap produk yang dihasilkannya dan strategi pemasaran dan mampu bekerjasama secara produktif dengan orang lain.

Mata Kuliah, Bahan Kajian, dan Kompetensi

No Mata Kuliah Bahan Kajian Kompetensi
1 Pengantar Agama Islam ·   Studi Islam Mampu menjelaskan tentang sistem ajaran Islam dan konsep manusia menurut Islam
2 Kemuhammadiyahan ·   Studi Islam (Kemuhammadiyahan) Mahasiswa mampu melaksanakan program aksi dakwah Muhammadiyah sesuai dengan nilai-nilai ideologis Muhammadiyah
3 Penelitian Kuantitatif ·   Metodologi Penelitian dasar·   Statistika Dasar

·   Psikometri Dasar

Mahasiswa mampu melakukan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah (teoritis & praktis)
4 Penelitian Kualitatif ·   Metodologi Penelitian Dasar·   Psikodiagnostika Dasar Mahasiswa mampu melakukan penelitian dengan teknik pengumpulan data secara kualitatif untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah (teoritis & praktis)
5 Dasar-dasar Psikologi ·   Sejarah Aliran & Perspektif Psikologi·   Proses dan Fungsi Mental Manusia

·   Studi Islam

Mahasiswa mampu mempraktekkan konsep-konsep dasar psikologi dalam menganalisa fenomena kehidupan sehari-hari
6 Perkembangan Sepanjang Hayat ·   Ilmu Perkembangan Manusia·   Dasar-dasar intervensi Psikologi non-klinis,

·   Prinsip-prinsip Pembelajaran

Mahasiswa mampu memberikan alternatif pemecahan masalah psikologis seseorang berdasarkan tahap pertumbuhan dan perkembangannya

 

7 Teori Kepribadian ·   Teori Kepribadian·   Filsafat manusia,

·   Studi Islam (Psikologi Islami)

Mahasiswa mampu mengevaluasi konsep kepribadian berdasarkan konsep Islam
8 Konsep Islam & Psikologi (IDI2) ·   Tafsir·   Metodologi Penelitian Dasar Mahasiswa mampu mengidentifikasi aspek psikologi berdasarkan konsep Islam
9 Psikologi Pendidikan ·   Prinsip-prinsip Pembelajaran·   Dasar-dasar Intervensi Psikologi non-klinis

·   Perkembangan Manusia

·   Kode Etik Psikologi,

·   Studi Islam (Muamalah)

Mahasiswa mampu melakukan intervensi dasar non-klinis masalah psikologi pendidikan berdasarkan rancangan solusi yang Islami
10 Kewirausahaan ·   Enterpreneur·   Psikologi Organisasi,

·   Prinsip-prinsip Komunikasi

Mahasiswa mampu melaksanakan aktifitas wirausaha hingga menghasilkan keuntungan
11 Psikologi Industri dan Organisasi ·   Psikologi Organisasi·   Psikodiagnostika Dasar

·   Dasar-dasar Intervensi Psikologi non-klinis,

·   Kode Etik Psikologi,

·   Studi Islam (Muamalah)

Mahasiswa mampu menggunakan konsep psikologi industri-organisasi dengan mengedepankan nilai Islam dalam aktifitas organisasi
12 Psikologi Sosial Terapan ·   Hubungan manusia dengan lingkungan sosialnya·   Dasar-dasar Intervensi Psikologi non-klinis

·   Psikodiagnostika Dasar,

·   Kode Etik Psikologi,

·   Studi Islam (Muamalah)

Mahasiswa mampu melakukan intervensi untuk perubahan sosial dalam masyarakat yang mengedepankan nilai Islam
13 Konseling ·   Dasar-dasar Konseling·   Psikodiagnostika Dasar

·   Dasar-dasar Intervensi Psikologi non-klinis,

·   Kode Etik Psikologi,

·   Studi Islam (Muamalah)

Mahasiswa mampu melakukan konseling yang mengedepankan nilai Islam
14 Muamalah ·   Studi Islam (Muamalah) Mahasiswa mampu mempedomani ketentuan syari’at Islam dalam upaya membantu orang lain memecahkan permasalahan psikologis
15 Bhs. Arab Al Quran ·   Bahasa Arab·   Studi Islam (Al Quran) Mahasiswa mampu membaca al Quran dengan baik dan benar (tartil)
16 Ibadah ·   Studi Islam (Ibadah) Mahasiswa mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan paham Muhammadiyah berdasarkan al-Quran dan Sunnah
17 Aqidah ·   Studi Islam (Aqidah) Mahasiswa mampu berpegang pada pokok-pokok aqidah Islam yang benar sesuai faham Muhammadiyah
18 Biopsikologi ·   Biopsikologi·   Proses dan Fungsi Mental Manusia Mahasiswa mampu menjelaskan peran fisiologis terhadap perilaku individu
19 Statistika dan Psikometri ·   Statistika Dasar,·   Psikometri dasar Mahasiswa mampu membuat alat ukur psikologis
20 Bahasa Indonesia dan Penulisan Karya Ilmiah ·   Ilmu tata bahasa dan aplikasi teknologi informasi·   Penulisan karya Ilmiah Mahasiswa mampu menulis karya ilmiah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
21 Bahasa Inggris ·   Ilmu tata bahasa dan memahami teks bahasa Inggris Mahasiswa mampu menerangkan tulisan ilmiah Psikologi berbahasa Inggris

 

 

22 Kreatif dan Inovatif ·   Pengembangan kreativitas·   Pengembangan diri dan karir Mahasiswa mampu membuat model, sistem, alat, prototype, atau modul dari konsep psikologi
23 Manajemen SDM dan Pengembangan Karakter ·   Manajemen SDM·   Dinamika Kelompok

·   Dasar-dasar Intervensi Psikologi non-klinis,

·   Prinsip-prinsip Pembelajaran

Mahasiswa mampu melaksanakan pengelolaan pelatihan dan pengembangan karakter
24 Pancasila ·   Pancasila dan Kewarganegaraan Mahasiswa mampu berpegang pada nilai pancasila dalam menjalankan profesinya
25 Kode Etik Psikologi ·   Kode Etik Psikologi Mahasiswa mampu berpegang pada etika profesi Psikologi dalam menjalankan profesinya
26 Akhlak ·   Akhlak Mahasiswa mampu berpegang pada nilai akhlak dalam menjalankan profesinya
27 Hubungan Interpersonal ·   Pengembangan diri dan karir·   Prinsip-prinsip komunikasi Mahasiswa mampu menunjukkan kerjasama dalam tim dengan hubungan interpersonal yang positif dalam keragaman budaya
28 Psikologi Klinis ·   Ilmu Kesehatan Mental dan psikopatologi·   Dasar-dasar Psikoterapi Mahasiswa mampu melakukan identifikasi terhadap fenomena psikopatologi
29 Psikologi Dakwah (IDI1) ·   Ilmu Dakwah·   Prinsip-prinsip Komunikasi Mahasiswa mampu mengkomunikasikan wawasan keislamannya menggunakan konsep psikologi

 

 

30 Psikologi Positif dan Kesehatan Mental ·   Ilmu Kesehatan Mental dan Psikopatologi·   Psikologi Positif

·   Dasar-dasar Intervensi Psikologi non-klinis,

·   Studi Islam

Mahasiswa mampu membuat rancangan peningkatan kesehatan jiwa seseorang, baik yang bersifat kuratif, preventif, dan promotif dengan mengedepankan nilai Islam
31 Konseling Kesehatan Reproduksi ·   Dasar-dasar Intervensi Psikologi non-klinis·   Dasar-dasar Konseling

·   Psikologi Positif,

·   Studi Islam

Mahasiswa mampu melakukan konseling sesuai dengan nilai Islam untuk masalah kesehatan reproduksi *
32 Pendidikan Anak Khusus ·   Pembelajaran anak Khusus·   Dasar-dasar Intervensi Psikologi non-klinis

·   Ilmu Kesehatan Mental dan psikopatologi

Mahasiswa mampu membuat rancangan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus*
33 Skripsi ·   Penulisan Karya Ilmiah·   Metodologi Penelitian Dasar

·   Prinsip-prinsip Komunikasi

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil penelitian Psikologi yang dilakukannya

DISTRIBUSI MATA KULIAH PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

 

SEMESTER I

NO KODE MK MATA KULIAH SKS KETERANGAN
1 08100101 Pengantar Agama Islam 2 Mata kuliah paket harus diambil bersamaan dan pada semester yang sama wajib
2 08100102 Kemuhamadiyahan 2
3 08100103 Dasar-dasar Psikologi 6 Wajib
4 08100104 Bahasa Indonesia dan Penulisan Karya Ilmiah 4 Wajib
5 08100105 Bahasa Inggris 4 Wajib

SEMESTER II

NO KODE MK MATA KULIAH SKS KETERANGAN
1 08100201 Bhs. Arab Al Quran 2 Wajib
2 08100202 Perkembanga Sepanjang Hayat 6 Wajib
3 08100203 Teori Kepribadian 8 Wajib
4 08100204 Kreatif dan Inovatif 4 Wajib

SEMESTER III

NO KODE MK MATA KULIAH SKS KETERANGAN
1 08100301 Ibadah 2 Wajib (Mata kuliah paket, harus diambil bersmaan dan pada semester yang sama )
2 08100302 Aqidah 2
3 08100303 Biopsikologi 4 Wajib
4 08100304 Psikologi Terapan 8 Wajib
5 08100305 Hubungan Interpersonal 4 Wajib

SEMESTER IV

NO KODE MK MATA KULIAH SKS KETERANGAN  
1 08100401 Psikologi Pendidikan 8 Wajib  
2 08100402 Psikologi Industri dan Organisasi 8 Wajib  
3 08100403 Psikologi Dakwah (IDI1) 4 Wajib  
SEMESTER V
NO KODE MK MATA KULIAH SKS KETERANGAN
1 08100501 Psikologi Klinis 4 Wajib
2 08100502 Pendidikan Anak Khusus 4 Pilihan
3 08100503 Kewirausahaan 4 Wajib
4 08100504 Manajemen SDM dan Pengembangan Karakter 8 Wajib
         
SEMESTER VI
NO KODE MK MATA KULIAH SKS KETERANGAN
1 08100601 Statistika dan Psikometri 6 Wajib
2 08100602 Penelitian Kualitatif 4 Wajib
3 08100603 Konseling 6 Mata kuliah paket, harus diambil bersamaan dan pada semester yang sama, wajib
4 08100604 Muamalah 2
SEMESTER VII
NO KODE MK MATA KULIAH SKS KETERANGAN
1 08100701 Pancasila 2 Mata kuliah paket, harus diambil bersamaan dan pada semester yang sama,wajib
2 08100702 Kode Etik Psikologi 2
3 08100703 Akhlak 2
4 08100704 Penelitian Kuantitatif 6 Wajib
5 08100705 Konsep Islam & Psikologi (IDI2) 4 Wajib
6 08100706 Konseling Kesehatan Reproduksi 4 Pilihan
         
SEMESTER VIII
NO KODE MK MATA KULIAH SKS KETERANGAN
1 08100801 Psikologi Positif dan kesehatan Mental 6 Wajib
2 08100802 Skripsi 6 Wajib