Profil UHAMKA
Follow Us
INFO PENDAFTARAN
Awards
Statistik Pengunjung

Terhitung Sejak 04-01-2017



Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Ketua Program Studi : Dr. Hj. Nani Solihati, M.Pd.

Sekretaris Program Studi : Dra. Hj. Ummul Qura, M.Pd.


VISI

Pada tahun 2019 menjadi program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang terkemuka di tingkat nasional, dalam menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang Islami dan unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

Pernyataan “program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang terkemuka di tingkat nasional”mengandung maksud menjadi program studi papan atas sejajar dengan program studi ternama lainnya dengan capaian sebagai berikut:

  1. Pada tahun 2020 menempati posisi 10 besar Program Studi Terbaik di Jakarta
  2. Pada tahun 2030 menempati posisi 10 besar Program Studi Terbaik Tingkat Nasional

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHAMKA memiliki keunggulan (keutamaan) sebagai berikut.

  • Cerdas spiritual, antara lain ditunjuk dengan sifat dan sikap ketaatan mengamalkan ajaran agama, rajin beribadah, berakhlak mulia, berhati nurani, dan memiliki sifat dan perilaku hidup bermasyarakat yang layak menjadi teladan;
  • Cerdas intelektual, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap smart, kreatif, inovatif, objektif, tangkas, dan mampu memerankan diri sebagai solusi bagi lingkungan;
  • Cerdas emosional, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap menyadari hakikat diri sendiri, berprinsip lebih baik ’memberi’ daripada ’menerima’, berempati, bersemangat untuk berprestasi, bekerja keras, tidak mudah putus asa, dan pandai bekerja sama (bersinergi);

Cerdas sosial, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap bermanfaat bagi lingkungan, toleran, menghargai orang lain, gemar bersilahturami, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan lingkungan, bertanggung jawab menjadi elemen persyarikatan Muhammadiyah.

 

MISI

Untuk mencapai Visi di atas, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menetapkan Misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memenuhi kompetensi kepribadian, profesi, pedagogik, dan sosial serta memiliki kompetensi pendukung yang unggul.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  • Menjadikan program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai gerakan dakwah dan gerakan pembaharuan khususnya di bidang pendidikan.

 

TUJUAN

  • Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memenuhi kompetensi kepribadian, profesi, pedagogik, dan sosial serta memiliki kompetensi pendukung yang unggul.
  • Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memiliki kompetensi penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  • Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

 

Kompetensi Lulusan S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

1. Kompetensi Utama

Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah menjadi tenaga pengajar bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang memiliki kualifikasi keilmuan bahasa yang mumpuni di bidangnya.

 

Kompetensi utama tersebut meliputi kelompok mata kuliah sebagai berikut :

1.

Linguistik Umum 16. Kajian Prosa
2. Sosiolinguistik 17. Kajian dan Pementasan Drama
3. Fonologi Bahasa Indonesia 18. Sastra Banding
4. Morfologi Bahasa Indonesia 19. Kritik Sastra
5. Sintaksis Bahasa Indonesia 20. Filologi/Sastra Klasik
6. Semantik Bahasa Indonesia 21. Wacana Bahasa Indonesia
7. Keterampilan Menyimak 22. Analisis Kesalahan Berbahasa
8. Keterampilan Berbicara 23. Penyuluhan Bahasa
9. Keterampilan Membaca 24. Pembinaan Kompetensi Mengajar
10. Keterampilan Menulis Ilmiah 25. Teori Belajar Bahasa
11. Keterampilan Menulis Sastra 26. Pengembangan Materi Bahasa Indonesia
12. Keterampilan Penyuntingan 27. Praktik Pengalaman Lapang
13. Teori Sastra 28. Seminar Proposal
14. Sejarah Sastra 29. Skripsi
15. Kajian Puisi    

 

2. Kompetensi Pendukung

Untuk mendukung kompetensi utama lulusan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memasukkan berbagai mata kuliah kependidikan, kemuhammadiyahan dan bahasa Inggris sebagai kompetensi pendukung lulusan.

Mata kuliah kependidikan meliputi: Landasan Ilmu Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Belajar dan Pembelajaran. Mata Kuliah Kemuhammadiyahan meliputi: Pendidikan Agama, Bahasa Arab/Al Quran, Aqidah, Ibadah/Akhlak, Muammalah, Kemuhammadiyahan, Kependidikan Islam.

 

3. Kompetensi Lainnya

Kompetensi lain pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, diwujudkan dalam kelompok mata kuliah berkarya, dengan kompetensi: mengembangkan keterampilan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kewirausahaan.

Mata kuliahnya antara lain Jurnalistik, Komunikasi Bisnis, Penulisan Skenario dan Naskah Iklan, dan Pewara (Master of Ceremony), yang nantinya diharapkan dapat menggeluti profesi sebagai wartawan, wirausaha, penulis, dan MC, selain menjadi guru.