Dekan : Nuryadi Wijiharjono, SE, MM.

Plt Wakil Dekan I: Nur Hadiyazid R, S.Si., MM.

Wakil Dekan II & III: Zulpahmi, SE, M.Si.

 

PENDAHULUAN

Saat ini, Indonesia membutuhkan lebih banyak kaum muda berpendidikan tinggi yang memiliki integritas, jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan berbasis masyarakat. Sejak berdiri pada tahun 1997, FEB-UHAMKA telah bertekad menjadikan fakultas yang berbeda dan terpercaya. Perbedaan tersebut diaktualisasikan terutama dalam proses pendidikan karakter untuk mewujudkan insan cerdas dan berakhlak dengan wawasan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan. Kami percaya bahwa pendidikan adalah cara terbaik untuk melakukan regenerasi.

Oleh karena hakekat pendidikan adalah pembentukan insani (formatio humana), maka pengembangan kultur akademik di lingkungan FEB-UHAMKA telah dipilih sebagai program prioritas dalam merealisasikan visi dan misi fakultas. Prinsip dasar sebagai lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan ilmiah berdasarkan akhlakul karimah telah dirintis sejak awal dan ditradisikan melalui periode kepemimpinan fakultas. Sampai saat ini, FEB UHAMKA telah mengalami tiga kali pergantian figur Dekan. Masing-masing adalah: Drs. Ahmad H. Abubakar, MM (1997-2004); H. Ahmad Subaki, SE, Ak, MM (2008-2012); Nuryadi Wijiharjono, SE, MM (2004-2008, dan 2012 s.d. sekarang).

Kurikulum FEB-UHAMKA didisain untuk menyeimbangkan pengetahuan teoretis dan praktis serta memadukan hard skills dan soft skills dalam konteks keislaman dan keindonesiaan dengan wawasan global. Selama kuliah, mahasiswa dibekali pengetahuan ekonomi dan bisnis serta didorong untuk mengembangkan talenta di bidang akuntansi, perpajakan, manajemen keuangan, pemasaran, sumberdaya manusia, dan kewirausahaan. Untuk mendukung pencapaian karir ini, mahasiswa diberi kesempatan memilih berbagai disiplin ilmu tersebut sesuai dengan minatnya.

Perkuliahan di FEB UHAMKA diampu oleh para dosen yang bukan hanya profesional, tetapi juga praktisi berpengalaman lulusan dari perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Dengan keahlian dan dedikasi serta teknik pengajaran yang selalu diperbarui mereka mampu menciptakan suasana belajar yang efektif dan inspiratif sehingga menarik dan tidak membosankan. Pilihan ini telah meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan (stakeholder), terutama dari orang tua mahasiswa, kalangan pengusaha, dan pemerintah terhadap tata kelola FEB-UHAMKA dan terutama pada mutu lulusannya yang terpercaya.

Seiring dengan meningkatnya kepercayaan tersebut, alhamdulillah FEB UHAMKA kini telah memiliki fasilitas perkuliahan moderen dan representatif dengan lokasi kampus paling nyaman dan paling strategis di Ibukota Jakarta. Ditambah dengan jaringan alumni yang telah tersebar di berbagai industri dan profesi, menjadikan FEB-UHAMKA semakin terpacu dalam mewujudkan lulusan yang cerdas dan berakhlak. Akhirul kalam, teriring do’a selamat bergabung untuk masa depan yang lebih baik. Amin.

 

VISI, MISI, DAN TUJUAN FAKULTAS

VISI

Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis terbaik pada tahun 2030 dalam mengembangkan pengetahuan dan mewujudkan lulusan yang memiliki keunggulan spiritual, intelektual, emosional, sosial serta cakap dalam berkarya.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang integratif  dan bermutu di bidang ilmu Ekonomi Islam, Manajemen, Akuntansi, dan Perpajakan.
  2. Mengembangkan dakwah kultural melalui pembelajaran, penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan nilai-nilai Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Keindonesiaan.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan di bidang ekonomi dan bisnis yang cakap dalam berkarya serta memiliki ketajaman spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.
  2. Menghasilkan lulusan yang cakap dan berintegritas dalam kepemimpinan dan kewirausahaan berbasis masyarakat.
  1. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah yang bermutu di bidang ekonomi dan bisnis untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat berdasarkan nilai-nilai Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Keindonesiaan.

NILAI DASAR

  1. Beriman dan bertaqwa
  2. Visioner
  3. Inovatif
  4. Berakhlak mulia

 

KURIKULUM FAKULTAS

Menyadari semakin kompetitifnya dunia kerja dan dunia bisnis, maka kurikulum FEB-UHAMKA berusaha mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Perguruan Tinggi No. 12, Tahun 2012, Pasal 29. Untuk mencapai standar kompetensi tersebut, sebagai output konkret dari pelaksanaan perkuliahan berbasis penjaminan mutu (Quality Assurance), secara periodik konten kurikulum FEB-UHAMKA juga senantiasa dikaji-ulang (review) sebagai bentuk tanggung jawab moral pada mahasiswa, pengguna lulusan, dan masyarakat (stakeholders). Salah satu hasil review tersebut adalah menghilangkan matakuliah/konten matakuliah yang kurang relevan dan menggantinya dengan matakuliah/konten matakuliah yang lebih relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, kebutuhan dunia kerja dan dunia bisnis.

Di samping itu, diupayakan untuk merestrukturisasi kurikulum sehingga memberi kesempatan bagi mahasiswa yang berkemampuan untuk menyelesaikan studinya dengan tepat waktu, bahkan lebih cepat melalui Program Kelas Unggul. Mulai Tahun Akademik 2013-2014, seluruh proses akademik mahasiswa menjadi lebih fokus kepada pencapaian standar kompetensi. Untuk memperoleh gelar Sarjana dari FEB-UHAMKA, jumlah SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa adalah sebanyak 145 SKS, yang dapat diselesaikan dalam kurun waktu 3,5 sampai 4 tahun. Sedangkan untuk memperoleh gelar Ahli Madya pada Program Diploma Tiga (D-III) sebanyak 115 SKS, dan dapat diselesaikan dalam waktu lebih kurang 3 tahun.

Struktur kurikulum FEB-UHAMKA pada setiap program studi dapat dikelompokkan dalam rumpun mata kuliah sebagai berikut:

  1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK).
  2. Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK).
  3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB).
  4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB).
  5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).

Sedangkan kode mata kuliah, mengikuti rumpun mata kuliah di atas serta mendasarkan pada karakteristik kompetensi program studi, disusun dengan penjelasan sebagai berikut :

 feb1

Alamat Kampus :

JL. Raya Bogor KM 23 No. 99, Flyover Pasar Rebo, Jakarta 13750.

Telp/Fax: (021) 87796977, 87780559.

Jl. Limau II, Kebayoran Baru, Jakarta 12130.

Telp: (021) 72798906.

Website :  www.feb.uhamka.ac.id

E-mail: feb.uhamka@yahoo.com dan/atau feb.uhamka@gmail.com

 

BACK